On 10/24/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Infosys.
>

>  Yah pendapat orang bisa saja salah kan. Coba saja kita lihat, apakah 10
> tahun lalu sebelum ada internet kita bisa membayangkan bahwa negara - negara
> maju bisa ketar - ketir dalam menghadapi negara - negara berkembang? Memang
> untuk sekarang ini inovasi masih datang dari "sono", tapi kok ya rasanya
> terlalu lama kalau baru 20 tahun lagi inovasi bisa datang dari India, Cina,
> atau bahkan Indonesia. Terlalu lama.

Orang cenderung melihat invention itu seperti ada satu dua orang
jenius,dapat ide,terus bikin sesuatu yang inventif.

Padahal tidak sesimple itu,untuk memiliki environment yang inventif,butuh
evolusi yang luaar biasa yang harus dilakukan sebelumnya dalam jangka
panjang,termasuk dalam hal ini market,ekonomi,politik,tata cara
hukum,perdagangan dan competitiveness.

Mungkin pendapat saya salah,tapi saya yakin sekali,negara2 Barat
pintar sekali mengatur sebagaimana rupa sehingga inovasi masih muncul
pertama kali dari Barat.

>  Tapi kencing itu kebutuhan :-)

Kencing iya kebutuhan,tapi kalo mengencingi orang lain bisa digaplok
orang lain :)

> tapi harus mengakar ke budaya orang Indonesia. Itu tuh yang sedang digalakan
> sama India. Memproduksi laptop murah yang sudah bisa terhubung ke internet
> supaya orang - orang penduduknya bisa melek informasi dan tentunya melek
> teknologi.

Lewat kultural paling bagus,karena kalau semua orang sudah sadar kalau
di belahan dunia lain,banyak orang2 yang sekarang hidupnya enak
padahal dulunya sekolah nyatelanjang kaki,karena mereka serius belajar
Java dan C/C++ !!!

Mari kita persenjatai Kaum Buruh dan Kaum Wanita dengan Java dan
C/C++.agar mereka tidak dikerjai lagi oleh pengusaha Nakal.