win_hadi wrote:

> meniru kata spiderman, great power comes with great responsibility,
> saya tidak punya pengalaman apa apa selain pengalaman mencoba merecover
> backbone internet yg dilewatkan DoS attack sebesar hampir 200Mbps yg
> datang dari satu host menuju satu host lainnya.

Wadezig, gedubrak, watza! Duh kok jadi pakai gaya Spiderman genee.
Spiderman kalah lho sama Gatot Kaca. Ah udah ah serius ah.... Ceritanya
network ini dipakai dibuat intranet aja deh. Gak saya hubungin ke
Internet. Jadi network gigabit saya gak kenal dengan yang namanya DoS.

> kalo sebuah host sampe bisa ngirim traffic lebih 100Mbps, tandanya itu
> host makai interface yg bukan cuman sebuah FE, (mungkin multiple FE,
> atau GE?), nah repotnya di problem atas, network admin sumber DoS sama
> sekali tidak kooperatif dan terlihat tidak menguasai prinsip dasar
> networking, karena saran dari mereka adalah, di matikan saja host yg
> jadi korban, karena bila host itu tidak dpt di akses, maka traffic akan
> hilang, emangnya DoS attack itu aplikasinya mikirin sampe ke session2
> koneksi segala (atau mungkin mereka baru serius kerja kalo host korban
> [...]

Apalagi saya yang baru tahu kalau kabel UTP nomor satunya itu diitung
dari kiri ke kanan, dan pas masukin ke jack RJ-45, pin-nya ada dibawah.
FE, dan GE itu makhluk apa lagi apa mas Win Hadi? Kalau DoS saya baru
kenal namanya saja, Denial of Service. Terus si DoS punya adik yang
namanya DDoS, Distributed Denial of Service. Tapi saya baru tahu nama
panjangnya aja, belum tahu detail teknisnya seperti apa.

> jadi great power comes with great responsibility itu memang juga harus
> di jalankan di dunia internet, punya gigabit network/backbone serta
> gigabit interface di server berarti harus juga bertambah
> tanggungjawabnya dibandingkan network admin yg hanya handle koneksi
> 128k . :-)

Sip...sip... makannya saya tanya disini, ada yang punya pengalaman gak.

> demikian
>
> winahyu.

Zaki Akhmad

Kirim email ke