Affan Basalamah wrote:

> Yg jelas masing2 teknologi tadi ada untung ruginya utk bikin cluster :
>
> - gigeth biasa
> untung : murah, built-in, infrastruktur nya simpel (switch, kabel)
> rugi : nggak sekenceng dua teknologi lainnya
>
> - gigeth yg dioptimize RDMA
> untung : lebih kenceng dari gigeth biasa (operasi low latency),
> infrastruktur tetep
> rugi : card nya mahal
>
> - infiniband
> untung : paling kenceng utk cluster, canggih
> rugi : infrastruktur rombak total, mahal

saya baca force10 bakal launch 10Gig switches yang latencynya bisa
melawan infiniband untuk server cluster seperti diatas :

ini urlnya:
http://www.byteandswitch.com/document.asp?doc_id=91460&WT.svl=news1_1

memang setahu saya latency untuk 10G card itu sekitar ~10 ms tapi baru
tahu kalau infiniband sekitar ~2ms.

Menarik juga nich kalau force10 bisa bikin latency 10G jadi sekitar
2ms.

-mcp

Kirim email ke