>yang saya belum mengerti apa hubungan antara social networking  dan
>arsitektur peer-to-peer  ? ini merefer ke socket client server
>peer-to-peer kah ? atau yang lain ?
>saya hanya curious bentuk nyatanya saja apa.

saya asumsi carlos backgroundnya computer science :),  jika iya, maka
seorang computer scientist yg dekat kerja sama dengan kita adalah jon
kleinberg di cornell (http://www.cs.cornell.edu/home/kleinber/) mungkin
dari website dia bisa ada gambaran apa yg kita maksud dengan memakai
bahasa comp. sci.

saya tidak tahu apa itu socket client server :D, mungkin bisa jelaskan?

tapi intinya begini. sekarang ini algoritma search memerlukan
centralized data base. ada yg mencoba decentralized search spt
gnutella, tapi ternyata tidak efisien jika harus menampung network yg
besar.
nah, penelitian kita selama ini menunjukkan bahwa di social network
bisa dilakukan search yang decentralized
(http://www.kompas.com/kompas-cetak/0309/05/opini/527225.htm) dengan
network yg besar. nah jika kita bisa mengerti apa yg membuat social
network searchable, kita bisa aplikasikan ke jaringan p2p dan bisa juga
membuat search engine yg lebih canggih daripada google sekarang.

bentuk nyatanya memang belum ada, karena kalo sudah ada berarti saya
sudah jadi billionaire :D.

soal p2p ini hanya satu hal saja. banyak hal lain yg berpotensi juga,
yang meskipun belum nyata menjadi produk. karena ini semua memang baru.
juga belum tentu kita berhasil. tapi paling sedikit kita di columbia
univ., dan juga paling sedikit google, yahoo, dan h-p melihat ada
potensi dari network science ini (jika tertarik bisa baca buku populer
yg ditulis boss saya: six degrees: the science of a connected age --
sbg gambaran umum saja).

>oh iya , sebenarnya startup saya sekarang juga dimulai dari stanford
>research dalam bidang genomics :)

cerita2 dong langkah2 bikin start-up nya :)

saya juga disini sedang menjajaki membuat start-up melalui kantor
teknologi transfer columbia.
buat saya yg geek akademis, urusan start-up ini jadi urusan menarik
yang seru. karena beda banget dengan dunia akademis. jadi kalo carlos
yg lebih pengalaman bisa cerita2 pasti menarik.

cheers,
roby

---
http://robymuhamad.com/amerika