[EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> centralized data base. ada yg mencoba decentralized search spt
> gnutella, tapi ternyata tidak efisien jika harus menampung network yg
> besar.
> nah, penelitian kita selama ini menunjukkan bahwa di social network
> bisa dilakukan search yang decentralized
> (http://www.kompas.com/kompas-cetak/0309/05/opini/527225.htm) dengan
> network yg besar. nah jika kita bisa mengerti apa yg membuat social
> network searchable, kita bisa aplikasikan ke jaringan p2p dan bisa juga
> membuat search engine yg lebih canggih daripada google sekarang.

yang saya curious, bagaimana cara tahunya bahwa konsep dan algoritma
yang dibikin itu benar , berhasil dan "lebih canggih" dari 'centralized
search-nya' google ?

Sebab datanya google yang berdasarkan banyaknya link tentunya juga
berasal dari "social relationship" juga. CMIIW.

> [...]
> univ., dan juga paling sedikit google, yahoo, dan h-p melihat ada
> potensi dari network science ini (jika tertarik bisa baca buku populer
> yg ditulis boss saya: six degrees: the science of a connected age --
> sbg gambaran umum saja).

> cerita2 dong langkah2 bikin start-up nya :)
>
> saya juga disini sedang menjajaki membuat start-up melalui kantor
> teknologi transfer columbia.
> buat saya yg geek akademis, urusan start-up ini jadi urusan menarik
> yang seru. karena beda banget dengan dunia akademis. jadi kalo carlos
> yg lebih pengalaman bisa cerita2 pasti menarik.

ya sekarang banyak startups baru disini karena sektor hitech kan
booming lagi (rebounds), kebanykan bermain di sektor
network/applications security,wifi dan data center. Bikin startup
gampang, siapkan "saja" business plan dan presentasi ke VC :)

btw,sebenarnya startup saya  skrg fungsi teknisnya mirip mirip dengan
penelitan pak roby, singkatnya kita menyimpan data/pattern dari setiap
bits dan bytes  ip packet yang lewat kabel untuk kemudian dijadikan
satu big centralized dictionary. Nanti dari hasil dictionary ini, kita
bisa prediksi pattern selanjutnya melalui pencarian database sehingga
efeknya bisa mengurangi pemakaian bandwidth (sampai 99 persen).
Bedanya, konsep ini menggunakan "search" yang centralized. (Meskipun
bisa saja dibikin decentralized database tapi network latency adalah
halanganya untuk real time networks).

-mcp