On 4/12/06, m.c. ptrwn <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> network yg besar. nah jika kita bisa mengerti apa yg membuat social
> network searchable, kita bisa aplikasikan ke jaringan p2p dan bisa juga
> membuat search engine yg lebih canggih daripada google sekarang.

yang saya curious, bagaimana cara tahunya bahwa konsep dan algoritma
yang dibikin itu benar , berhasil dan "lebih canggih" dari 'centralized
search-nya' google ?

Sebetulnya Google bukan saja hebat di sisi algoritma search-nya, tetapi diimplemntasi sistem mereka yg menganut aliran reliabilitas di sisi perangkat lunak (tidak mengandalkan beberapa mesin besar utk melakukan halttersebut).

Disebut centralized sebetulnya kurang tepat juga si Google itu, karena pada implementasinya mereka punya mesin index tersebar yang menanangani proses query tersebut  Di IEEE MIcro pernah dibahas arsitektur sistem Google ini.

Tapi dari sisi otoritas memang Google adalah model search yang sentralisasi (data dikuasai oleh 1 entiti) pada modle P2P otoritas tidak di 1 entitas.

IMW