>Kita juga pernah lakukan "viral campaign" via email - meminta yang
>menerima mem-forward ke teman-temannya. Insentifnya berbagai macam
>hadiah. Email yang diforward jumlahnya juga beraneka ragam - mulai dari
>beberapa ribu (waktu hadiahnya buku Harry Potter) hingga 100 ribu lebih
>(waktu hadiahnya diamond). Kira-kira menarik untuk dianalisa lebih
>lanjut gak Mas Roby? We are certainly interested to learn what it might
>say...

bisa saja ada yang menarik, terutama jika ada data siapa memforward ke
siapa.
lebih bagus lagi jika ada data tentang orang2 yang terlibat. intinya
kalo kita hanya tahu network nya saja: titik2 yang terhubung satu sama
lain, sulit untuk mendapatkan analisis yang bagus. karena network yg
ada jadinya tidak lebih seperti 'gambar'. kita perlu tahu konteks
dimana network itu berada.

seperti para dinas intelejen disini yang ingin kerjasama dengan
akademik utk mengolah data network, tapi mereka tidak mau kasi tahu
data apa itu sebenarnya. jadinya tidak banyak yang bisa dilakukan.

jika memang ada struktur data yang menarik silahkan pak eka ginting
email japri saya di roby at cdg dot columbia dot edu. siapa tahu ada yg
bisa berguna dan menarik untuk dikerjakan.

cheers,
roby

---
http://robymuhamad.com/amerika