>Mas Roby, mengenai poin dalam paragraf diatas. Apakah nantinya hal ini
>akan berlaku juga untuk ke-pakar-an dalam bidang tertentu? Akankah
>slogan "jack of all trade master of none" menjadi usang? Titik
>ekstrimnya tidak ada lagi orang yang cuma jago di satu bidang.
>Atau bisa jadi paradigma yang Mas Roby sebutkan diatas itu sudah lekang
>oleh zaman. Hingga sekarang baru kita kenal metoda-metoda belajar baru
>yang berusaha menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri.

Zaki, saya bukan futorolog jadi saya nggak tau pasti jawabannya :)
Dari dulu saya pikir otak (kiri atau kanan) sama2 penting. :D

Tapi menurut saya sih begini. Sekarang ini sains mulai menghadapi
masalah2 kompleks
yang membutuhkan berbagai pendekatan secara sekaligus secara bersama2.
Untuk masalah kompleks ini tidak ada satu pendekatan yang mujarab bisa
menjawab segala persoalan. Saya nggak tahu implikasi ke depannya
bagaimana. Ini hanya berdasar pengalaman pribadi saja, saya merasakan
sendiri batas disiplin ilmu tradisional kadang tidak lagi relevan. Saya
tidak tahu apakan trend ini general, atau terbatas di dunia kecil saya
saja.

Cheers,
Roby

---