[EMAIL PROTECTED] wrote:

> [...]
> teknologi disini. Yaitu memberi gambaran bagaimana inovasi teknologi di
> Amerika  melibatkan kerjasama dari ahli komputer, sosiologi, ekonomi,
> matematika, statistik, fisika, psikologi. Juga kerjasama antara bisnis
> dan akademis. Mudah2an ini bisa memberi motivasi bagi teman2 yang masih
> kuliah teknik/sains di Indonesia untuk tidak segan2 membuka cakrawala.
> Dan mungkin ide yg tdk jelek jika univ. teknik di Indonesia spt ITB,
> membuat divisi ilmu sosial seperti juga MIT dan Caltech disini. Karena
> kita sudah tidak bisa lagi terkotak2 dengan disiplin ilmu tradisional.

Mas Roby, mengenai poin dalam paragraf diatas. Apakah nantinya hal ini
akan berlaku juga untuk ke-pakar-an dalam bidang tertentu? Akankah
slogan "jack of all trade master of none" menjadi usang? Titik
ekstrimnya tidak ada lagi orang yang cuma jago di satu bidang.

Atau bisa jadi paradigma yang Mas Roby sebutkan diatas itu sudah lekang
oleh zaman. Hingga sekarang baru kita kenal metoda-metoda belajar baru
yang berusaha menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri.

Terimakasih

Zaki Akhmad