mungkin perlu klarifikasi. saya bukan orang amerika jadi nggak
berkepentingan bela2in amerika.
kalo soal kagum, nggak perlu jepang atau korea. sama orang bandung pun
saya kagum atas kreatifitas mereka membangun 'ekonomi underground'
lewat musik indie dan distro2.

saya hanya ingin menempatkannya pada  prespektif yg pas. misal ekonomi
amerika memang sangat bermasalah, tapi tetap ekonomi amerika adalah
terbesar di dunia disusul oleh cina dan jepang. dan jika cina dan
jepang disatukan, ekonomi amerika masih tetap lebih besar dari
kombinasi ekonomi cina dan jepang.

juga soal inovasi teknologi. amerika yg memulai pesawat terbang, mobil
, telepon, listrik, dan internet. meskipun sekarang jelas misalnya
jepang lebih hebat dlm membuat mobil. menteri riset jerman pernah
datang ke kampus saya dan membahas hal sama: bagaimana eropa bisa lebih
inovatif.

saya orang indonesia yang tertarik mempelajari bagaimana amerika
sukses, dan melihat2 hal2 mana yang mungkin diterapkan untuk di
indonesia. dan tentu kita bukan belajar dari amerika, tapi juga dari
singapur, uni emirat arab, australia, india, jerman, iran, cina dll.
kebetulan saja saya di amerika, jadi taunya amerika.

cheers,
roby

---
http://robymuhamad.com/amerika