http://www.detikfinance.com/indexfr.php?url=http://www.detikfinance.com/index.php/detik.read/tahun/2006/bulan/05/tgl/05/time/230643/idnews/589266/idkanal/4

> nah kalau ini sudah bener2 terjadi, tinggal dari
> level enterpreneurnya
> untuk bergerak :)
>
> Ini juga yg pak Armien idam2kan 5 tahun lalu.
>
> -mcp

makasih om Carlos, tapi saya kok nggak ngelihat konsep
FTZ di artikel itu selain melobby investor dari luar.
Tidak ada visi untuk sustainable development, apalagi
innovative industry yang dibutuhkan agar ekonomi bisa
survive.
Saya baru baca katanya ITB menyediakan program khusus
yang akan diisi oleh Microsoft, tapi apakah
hubungannya dengan IT center Cikarang dan atau konsep
BHTV, bagi saya masih belum jelas.
Sama seperti nasib biofuel: pemerintah mencananggkan
kita harus menghasilkan biofuel sebanyak 2% kebutuhan
nasional pada tahun 2010. Hari ini saya baca di Tempo
online, katanya pemerintah menjanjikan pemberian
insentif bagi industri biodiesel. Bentuk konkritnya
wallahu a'lam. Tapi walaupun saya bukan ahli tanaman
jarak dan bukan ahli ekonomi industri, saya takut
upaya  a'la Sangkuriang ini akan berakhir dengan
disaster. Sederhana saja, kapan sih pernah ada
Sangkuriang membangun kapal dalam semalam kalau tidak
dalam dongeng? Dan dongeng tidak pernah ada dalam
reality!
Inilah kita, bangsa instan, termasuk juga penggemar
mie instant. Buat apa susah2 planning toh sistem kebut
semalam juga bisa (walaupun repot belakangan karena
plan yang kacau!) Masih untung masih ada planning.

Wassalaam,
Nano