adi wrote:

> seperti akses ke pelayanan kesehatan :-) digembar-gemborkan teknologi
> kesehatan
> sudah semakin maju, tapi masih banyak yang belum bisa beli 14 * 3 biji
> amoksilin
> yang harganya ndak sampai 10 ribu.
>
> memang susah kalau 'berhadapan' dengan orang yang mikirnya terlalu cepet.
> yang dibutuhkan secara primer adalah 'akses' (entry point) tapi yang
> dipikirkan
> sudah kualitas.
>
> kualitas pendidikan atau pelayanan kesehatan itu sekunder. yang jauh lebih
> [...]

betul.

kalau soal "coverage" dan murah, sebenarnya keluarga besar saya sudah
lama sekali mendirikan dan memanage sekolah dan pesantren islam (dari
tk sampai sma) yang sering kali memberikan keringanan dan pendidikan
gratis kepada murid2nya.

Termasuk juga ada Rumah Sakit Islam , juga sering kali memberikan
keringanan buat yang tidak mampu.

Lokasinya tentunya berada di luar Jawa Bali , alias Sumut :)

Yang jadi plan jangka panjang pribadi saya, murid2/mahasiswanya
ditraining linux,programming dan networking, setelah 3 tahun bisa di
singapur-kan atau di-siliconvalleykan , jadi mereka gak usah pergi ke
Jawa :))

-mcp