risiyanto budi wrote:

> Saya sering mengakali bandwidth ke wikipedia dengan mengakses wapedia.
> http://id.wapedia.org/Bandung
> Lumayan cepat meski diakses dari gprs.

untuk menghemat bandwith dulu saya pernah utarakan national proxy
caching/object store via squid,etc ; tapi masalahnya nanti terletak
pada "net neutrality" :-)

ada juga sih next-gen produk networking appliance yang bisa object
store dan proxy caching sampai ke bit level, tapi bukan pakai open
source :)) ha ha ha .... meskipun lumayan kalau ada 100 terabit hard
disk capacity untuk caching.

jadi intinya, soal "bandwidth ke luar" ini bener2 tergantung policy
teknis masing2 isp saja.

-mcp