muhamad cpsmb tarigan wrote:

>untuk menghemat bandwith dulu saya pernah utarakan national proxy
>caching/object store via squid,etc ; tapi masalahnya nanti terletak
>pada "net neutrality" :-)
>
>ada juga sih next-gen produk networking appliance yang bisa object
>store dan proxy caching sampai ke bit level, tapi bukan pakai open
>source :)) ha ha ha .... meskipun lumayan kalau ada 100 terabit hard
>disk capacity untuk caching.
>
>jadi intinya, soal "bandwidth ke luar" ini bener2 tergantung policy
>teknis masing2 isp saja.

Betul bos,
Isp di kantor menyediakan squid-cache juga kok, jadi secara default
akses ke port 80 saya lempar ke sana.

dan agak oot
Saya lihat minim sekali konten lokal yang disediakan oleh isp (kecuali
cbn, saya terbantu sekali dengan mirrornya).

Peluang tuh buat content provider, ajukan ke isp2 yang minim konten :)

--
aris