On 10/31/06, Made Wiryana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Beberapa kernel atau aplikasi yang butuh binary module, tidak disertakan di
> Debian. Sebetulnya sekarang ini bukan Debian saja. OpenSUSE juga melakukan
> hal tersebut sejak 10.1 hanya memberikan kernel yg free saja. (wlan, graphic
> card dsb)
>
> Hal ini kadang yang menyulitkan bagi pengguna yang ingin menginstal Debian.
>
> IMW

Untuk kasus migrasi di munich (ato tempat lain) sebenernya module /
feature yang ada di  linux tidak perlu serumit yang diperkirakan
kerena belum tentu dipake . Cara paling mudah dengan melakukan
pengelompokan setiap komputer yang digunakan berdasarkan
jumlah/kompleksitas aplikasi yang akan diinstall.
OSDL melakukannya dengan membagi 7 :

1. Fixed Function  (single application)
2. Technical workstation
3. Transaction workstation
4. Basic Office
5. Advanced Office
6. SOHO
7. Customer (thousands of applications)

bisa dilihat http://www.osdl.org/lab_activities/desktop_linux

beberapa distro seperti ubuntu/opensuse berusaha mengejar
ketinggalannya dari M$ di kelompok 7, tapi kalo dilihat buat aktifitas
yang sudah terdefinisi model kegiatan kepemerintahan (Basic / Advanced
Office) hampir semua distro Linux sudah bisa melakukannya dan dari
segi teknis engga ada masalah berarti (paling engga kan bisa pake
citrix :-))

Yang perlu diperhatikan buat orang munich itu faktor non-teknis,
karena hampir 80% migrasi itu sebenernya merubah perilaku pengguna dan
pengelola ini perlu training, SOP   yang jelas dsb.

jadi kenapa pilih mrk milih Debian ? curiganya distro ini punya manual
yang lengkap, tools update yang stabil dan itu tadi orang2xnya 'keras
kepala'  :-)

thx
Trias Adijaya