----- Original Message -----
From: "satriyo" <[EMAIL PROTECTED]>

7. apa mba pernah kenal dengan nama adian husaini? adnin armas? fahmi
zarkasyi (anak kyai syurkri zarkasi yang pimpinan pondok mederen gontor
itu)? nah ... merekalah di antaranya sumber referensi saya untuk mengenal
seberapa jauh ulil telah menyimpang dalam upaya dia 'menyegarkan kembali
pemahaman keagamaan' nya itu. dan maaf kalo ternyata mbak tahu siapa mereka
dan tetap masih ingin 'membela' ulil. artinya memang kita belum punya titik
temu untuk melihat di mana sebenarnya letak 'permasalahan' ulil.
8. mungkin khalifah abu bakar salah ya memerangi segolongan muslim yang
setelah wafatnya rasulullah tidak lagi menganggap zakat itu wajib, atau
bahkan rasulullah sendiri yang mengancam membakar rumah mereka yang tidak
mau shalat jamaah di masjid, meskipun orang buta? bukankah HAK mereka untuk
punya pikiran nyeleneh untuk tidak membayar zakat atau shalat di rumah
bersama anak dan istri dan bukan di masjid? iya kan? melanggar HAM dong
namanya kan apa yang dilakukan rasulullah dan khalifah abu bakar? tapi saya
yakin mba aisha tidak sejauh itu kan 'membela' hak ulil buat 'cuap-cuap'
9. mungkin saya yang inferiority complex, menganggap ada grand conspiracy
yang tengah terjadi yang mengancam islam dan muslim, dan salah satu pion
dari intelectual mind di balik konspirasi itu, di indonesia, adalah di
antaranya ulil. mungkin. allahu a'lam.
10. saya tidak anti perbedaan ... maaf kalo itu yang ditangkap. saya hanya
khawatir - boleh kan saya khawatir - bahwa 'gerakan' ulil cs ini akan
nantinya membuat islam di negeri ini bukan lagi islam. kalaupun islam,
tinggal nama saja. isinya tidak jelas apa. so, karena iman saya lemah,
sejauh ini hati saya saja yang bisa melawan, dan kebetulan saat ini tertuang
di milis ini, dalam menghadapi sosok seperti ulil cs.

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/aYWolB/TM