Saya tidak mengatakan bahwa dakwah agama sama persis dengan
marketing. Banyak sekali persamaannya tapi juga ada bedanya.
Misalnya, ada orang yang rela mati membela agamanya tapi kayanya
belum ada orang yang bersedia mati membela kecap ABC, misalnya.
Intinya, keterikatan emosional antara kita dengan agama jauh lebih
kuat drpd kita dengan produk lain.Bukan cuma agama kok, nyari jodoh
juga banyak kesesuaian dengan prinsip marketing.

Coba Anda langsung fokus saja ke alinea dimana saya kutipkan prinsip
marketing itu dan nilai apakah prinsip itu analogis atau tidak dalam
hal dakwah agama.

Kalau soal kesaksian orang yang convert iman, itu bukan akibat
menyamakan agama dengan marketing. Justru itu menunjukkan dari
sononya ada aspek kesesuaian antara dakwah agama dengan marketing.

Bagaimana dengan cheap MLM ? coba kita buang dulu kata "cheap"
supaya nggak terkungkung arti negatifnya. Menurut anda apakah
aktivitas dakwah itu nggak mirip MLM ?

Mas Yas

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "ariel" <[EMAIL PROTECTED]>