----- Original Message -----
From: <[EMAIL PROTECTED]>

Menurut saya kurang baik mengenakan perkataan "pokoknya" kepada seseorang,
padahal seseorang itu tidak berkata demikian. Apalagi kalimatnya adalah
"keluar kata pokoknya" seolah saya menuliskan kata itu. Beda bukan?

Untuk fakta yang disampaikan oleh bung Donie apakah saya menolak? Bukankah
saya mengiyakan. Hanya saja saya katakan bahwa fakta itu akan membesar.
Jika fakta yang diberikan harus saya jawab dengan fakta juga, maka ini
tidak adil. Tentu yang akan unggul adalah mereka yang memang bergelut di
bidang itu. Atau menekuni bidang itu. Lalu apakah tidak boleh seseorang
berpendapat berdasarkan prediksinya. Dengan sedikit informasi yang dia
miliki?

Penilaian tentang alur logika atau argumentasi yang mapan ini bisa
subyektif. Apakah saya tidak pernah menyampaikan sama sekali alasan saya
sebelumnya? Juga ditambahkan setelah itu? Betapapun apa yang saya
sampaikan?

Saya memang pernah ingin berhenti diskusi thread ini, karena mungkin apa
yang akan saya sampaikan kemudian cuma mengulang-ulang apa yang sudah
pernah saya sampaikan. Jadi saya pikir bagi saya kurang efektif. Tetapi
saya tidak mengajak untuk menghentikan diskusi ini bagi yang lain bukan?

Berarti teman2 mentafsirkan argumen saya sebagai "pokoknya"? 8-) Betapapun
yang saya sampaikan, kurang baik rasanya menjudge saya dengan kalimat itu.
Apalagi saya sendiri kurang suka berkata "pokoknya".

Saya wakil agamis? Oh ya, saya mungkin agamis, terlihat mungkin dari
kalimat saya. Saya memang masih percaya dengan konsep agama, salah satunya
konsep dosa. Tetapi saya tidak memposisikan teman-teman diskusi sebagai
non agamis bukan? Bukankah saya hanya menyampaikan pendapat saya? Dan
tidak pernah menghakimi pendapat teman2? Kalau karena pendapat saya
beberapa teman menjadi merasa non agamis berarti sebaiknya saya tidak usah
memberikan pendapat saja?

Salam,