On 3/25/06, idakhouw <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Iya Pak, masih kurang jelas :)
>
> 1. Lho saya kan sedang bicara dengan pihak yg digoda, memang di milis
> ini ada yg di pihak "setan" gitu?

Hm.. sepertinya saya ini bukan guru yang pandai menjelaskan (dalam hal
ini).. :-p
Yang bisa saya sampaikan kuncinya ada pada soal 'saling pengertian' tadi..
Jadi jangan cuma satu pihak yang diajak.. tapi pihak yang mungkin
berseberangan
juga.. Kalau masih kurang jelas juga, mungkin ada yang mau bantu perjelas..
:-)

2.Kalau namanya saja setan, gimana ya caranya diajak bertobat?
> Pak Irwan bisa menghilangkan/membuat setan berkurang? :) bukannya Pak
> Irwan yg bilang mereka ditakdirkan(?) untuk menjatuhkan manusia
> selama-lamanya.

Saya gak merasa bisa seperti yang mbak Ida sebut di atas.
Saya sendiri aja masih banyak berbuat dosa dan kesalahan koq..
Mudah"an (dan saya yakin) aja ada yang bisa.. salah satunya dengan
amar ma'ruf nahi munkar.. termasuk amnm dalam cakupan yang lebih luas..

Bukan cuma urusan aurat saja.. termasuk urusan penjajahan model baru,
seperti pengerukan kekayaan alam negara oleh pihak asing..
sementara pemiliknya sendiri tetap miskin, misalnya..

Atau soal kesulitan publik akibat kenaikan harga BBM, dsb..
Jadi lengkap gitu.. gak cuma ngurusin soal moral saja.. tapi juga soal"
yang menyentuh kepentingan publik luas.. :-)
Tuh koruptor dan antek asing mungkin bisa dibilang sebagai ABS juga
kali ya.. mengorbankan kepentingan publik yang lebih luas untuk
kepentingan pribadi/segelintir pihak.. :-p

--inget lho, saya bilang saya setuju pornografi ditanggulangi, kalau
> dalam hal ini ia adalah si setan itu.

Ya, inget koq.. inget..

3. Pertanyaan yg ini kok nggak dijawab, Pak Irwan:

Maksudnya Alhamdulillah apa?
Masa' masih kurang jelas sih dari cerita saya tadi?

4 > Wah.. komentar di atas kelihatannya keluar sepenuh hati dari lubuk yang

> Nggak ah, biasa aja :-p saya sih selalu ati2 pake barang elektronik :)

Iyalah.. lagipula biasa aja/gak kenceng, hurufnya juga tetap keluar koq..
Itu kan cuma gaya 'hiperbola' dikit aja, mbak..

Salam,
> Ida

Wassalam,

Irwan.K