Pak Chojim dan mbak Yulia Artati,
Memang Al Qur'an BUKAN the Book of "SCIENCE", tapi adalah the Book of "SIGNS
(karena mengandung TANDA2 ilmiah).  Itu bisa kita simpulkan setelah membaca
artikel tsb. Tidak serta merta kita harus menerimanya bahwa Al Qur'an itu
mutlak scientific.  Jangan khawatir, Pak! :-))  Justru dengan tanda2 ilmiah
yang ditunjukkan oleh Al Qur'an, maka hal itu dimaksudkan untuk mendorong
umat Islam agar mempelajari, melakukan penelitian, menghasilkan penemuan
ilmiah untuk mengkonfirmasi ayat2 tsb.

Tapi, menurut saya, perihal terjemahan dari ayat 82, S. Annisaa, saya setuju
dengan mbak Yulia, dan saya tak mendapati kesulitan dalam memahami
terjemahan ayat tersebut.  Sebab Allah sendiri berfirman dalam surat Al
Baqarah, ayat 2. Kitab[11] (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya;
petunjuk bagi mereka yang bertaqwa[12],
There is no doubt in it.  Bahkan sebelum kita membaca ayat2 dalam Al Qur'an,
kita terlebih dahulu memulainya dengan menyatakan diri berlindung kepada
Allah dari godaan syaitan yang terkutuk.  A
udzubillahiminassyaithoonirrajiim ...... lalu dilanjutkan dengan:
Bismillahirrahmaanirrahiim......  Betul 'kan, Pak?

Salam,
Flora

Mbak Flora,

Terjemahan itu bukan sebagai berikut lho!

"Apakah mereka tidak mendalami Alquran, kalau sekiranya Alquran itu bukan
dari sisi Allah, tentulah mereka dapati pertentangan di dalamnya."

Kalau terjemahannya sebagai yang saya tuturkan, maka itu menjadi bentuk
positif "Apakah mereka tidak mendalami Al Quran? Karena Alquran itu dari
sisi Allah, maka mereka tidak mendapati pertentangan di dalamnya." Jadi,
kata mereka dapati dinegasikan dengan "mereka tidak mendapati".

Kalau ditulis positif lengkap menjadi "mereka tidak mendapati pertentangan
yang banyak di dalamnya." Negasinya pada kata "mendapati" bukan pada "banyak
pertentangan".

Salam mikir...

chodjim