From: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: 02/18/07 17:00:05
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Darah biru - Peran Karaton dalam Pengembangan
Islam

setahu saya keraton juga berperan dalam pelestarian penjajahan Belanda
waktu itu.
dengan kerja sama dengan penjajah Belanda, keraton mendapat legitimasi
dari pemerintah kolonial Belanda untuk tetap meneruskan
pemerintahannya, di sisi lain tutup mata terhadap penjajahan yang
dilakukan oleh pemerintah Belanda.
Tidak banyak sultan yang berani melawan penjajah Belanda seperti
Sultan Agung atau Sultan Hamengkubuwono IX yang kemudian menjadi wakil
presiden RI. Yang lain biasanya diem-diem aja, bersikap EGP dan cari
slamet.

wikan
http://wikan.multiply.com

On 2/18/07, jano ko <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Aishayasmina =
>
> Jadi kalau ada yang merasa lebih mulia dari manusia lainnya karena dia
merasa keturunan tertentu misalnya ada darah birunya, apa bedanya dengan
iblis!

> ==========
> ==========
> ==========
>

> Al Qur'an
>
> [96.1] bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan
>
> ---
>
> Jano - ko membantu mencerahkan :
>
> Karena mungkin Aisha "emongsi", jadi kita baca bersama saja pendapat
organisasi atau insan yang lain ......
> Nanti kalau Aisha sudah tidak emongsi maka jano-ko akan menjelaskan
pelan-pelan.

> -----
>

> http://www.ums.ac.id/?pilih=hal&id=14
>

> Peran Karaton dalam Pengembangan Islam
>

> Sejarah Indonesia mencatat bahwa Islam dapat berkembang dengan baik karena
didukung faktor karakter ajaran Islam yang tidak memberatkan disertai teknik
penyiaran dengan bijaksana dan dapat diterima oleh masyarakat. Sementara
komposisi pemerintahan saat itu lebih didominasi oleh kerajaan pedalaman
yang masih memiliki tradisi kuat Hindu dan Budha, sehingga penyebaran Islam
dilakukan melalui guru pertapa yanng hidup di luar Karaton.