Jika discount yang diberikan oleh kontraktor itu tidak anda serahkan kembali
kepada Perusahaan tempat anda bekerja, berarti Perusahaan anda dirugikan.
Karena discount yang dikembalikan ke Perusahaan itu berarti merupakan
penghematan bagi Perusahaan anda.  Dalam laporan keuangan, di kwitansi harus
dicantumkan juga discount yang merupakan hak Perusahaan, meski harga awal
sudah disepakati.  Anda kan sudah digaji oleh Perusahaan anda, kecuali jika
anda bukan pegawai, dan anda memberi jasa dengan meminta "handling
fee/komisi" yg telah disepakati .  Dalam skala besar, seperti di
Pemerintahan Negara, jika semua aparatnya melakukan hal seperti ini
(mengambil discount), berapa besar penghematan negara yang bisa diperoleh
dan dapat dialokasikan bagi kesejahteraan rakyat?

Wassalam,
Flora

Re: JUJUR itu gimana sih???
Posted by: "Chae" [EMAIL PROTECTED]   chairunisa_mahadewi
Thu Feb 22, 2007 6:56 pm (PST)
Saya orang awam, cuman sekedar memastikan saja jika anda mendapatkan
discount apakah perusahaan anda dirugikan?

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "dinda ." <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum Ustadz dan Ustadzah,
>
> Saya bingung dengan "JUJUR" begini ceritanya.
>
> Saya adalah seorang pegawai yang menerima gaji bulanan dari Bos
tempat saya bekerja.
> Sesekali Bos tersebut meminta saya untuk meminta jasa kontraktor
untuk membangun suatu bangunan. Singkatnya setelah saya bicara dg
kontraktor dan menyampaikan berapa total biaya beserta data2 yg
terperinci untuk apa saja dana tersebut kepada atasan saya tersebut.
Disetujuilah lembar proposal dari kontraktor tersebut.
> Sesekali saya suka membicarakan masalah pekerjaan dengan kerabat,
pada saat dia mengetahui hal ini, dia menyarankan saya untuk
negosiasi ulang ke kontraktor tersebut, maksudnya minta discount atau
penurunan harga atau apalah namanya tetapi TAGIHAN RESMI tetap seperti
proposal asli.
> Saya setuju untuk renegosiasi tapi ga setuju kalau proposal
tagihan beda dengan berapa sebenarnya uang yang saya serahkan, hati
kecil saya bilang itu "Nakal' dan tidak "Jujur"
> Tetapi kerabat saya bilang itulah kerja yang sebenarnya, yang
penting atasan saya setuju dengan proposal yang diajukan. saya kan
tidak berbohon, itu katanya.