Mbak Chae,

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Chae"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pak Suryawan,
>
> Indicator yang Bapa sampaikan sepertinya masih bersifat sangat
> relatif, misalnya saja mengapa dikatakan "dikalahkan" jika mati di
> tangan musuhnya yang berasal dari kaumnya sendiri, bagaimana jika
mati
> di tangan musuh bukan dari kaumnya sendiri seperti Nabi Yahya??

Nabi Yahya mati terbunuh di tangan musuhnya?

Sumber kisah "terbunuhnya" Nabi Yahya (Yohanes Pembaptis) adalah dari
Bible.

Dan dari Bible itu juga bisa didapatkan kesimpulan lain bahwa
sebenarnya Nabi Yahya tidak terbunuh.

> bagaimana janji perlindungan Allah kepada para Nabi/Rasulnya??
apakah
> hanya berlaku untuk perlindungan dari kejahatan kaumnya sendiri?
> bagaimana dengan kejahatan di luar kaumnya?

Seperti yang saya katakan, saya tidak percaya adanya nabi yang haq
terbunuh ketika masih menjalankan misi kenabiannya.

> Soal kematian Yesus ini ada beberapa tafsiran, artinya ada juga
> sebagian pihak memang menyakini kematian Yesus atau Nabi Isa as di
> tiang salib bahkan ada sebagian juga tidak mempercayai kematian
Beliau
> dan menyakini bahwa Beliau masih hidup sampai sekarang di suatu
tempat.

Yang mempercayai Yesus mati di atas tiang salib adalah kaum Yahudi
dan Kristen.

Kaum Yahudi percaya, karena Yesus alias Nabi Isa as mati di atas
tiang salib, maka kematiannya itu adalah kematian yang terkutuk dan
ruhnya tidak dapat masuk ke surga.

Kaum Kristen percaya, karena Yesus (Nabi Isa as) mati di atas salib
untuk menebus dosa manusia, dan ia hidup lagi 3 hari kemudian, dan
kemudian dengan jasad kasarnya ia diangkat ke surga dan duduk di
sebelah kanan Bapa di surga, dan akan datang lagi dengan jasad
kasarnya ke dunia ini.

Yang mempercayai Yesus (Nabi Isa as) tidak mati di atas tiang salib
adalah kaum Islam.

Sebagian besar kaum Islam percaya bahwa Nabi Isa tidak di salib,
tetapi dengan jasad kasarnya ia diselamatkan dan diangkat oleh Tuhan
entah kemana (ada yang bilang ke Langit), dan nanti akan datang lagi
dengan jasad kasarnya ke dunia ini lagi. Pemahaman ini senada
pemahaman kaum Kristen, yang percaya beliau masih hidup dengan jasad
kasarnya dan akan datang lagi ke dunia ini.

Sebagian kaum Islam lainnya percaya bahwa Nabi Isa tidak pernah mati
di atas salib meskipun ia ditaruh di atas salib, ia kemudian sembuh
dari luka2 penyaliban, terus melanjutkan misi kenabiannya sampai
berumur 120 tahun dan wafat dengan wajar, dan tidak akan datang lagi
ke dunia ini dengan jasad kasarnya.

> Terlepas dari itu semua saya pikir amat tidak relevan untuk membuat
> suatu indicator kesuksesan seorang Nabi dari bagaimana "cara
> kematiannya" apalagi kita lihat bagaimana acara para Nabi yang
> "diperkirakan di bunuh" justru banyak mempengaruhi perkembangan
> peradaban manusia.

Salam,
MAS

> --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "ma_suryawan"