Assalamu'alaikum,

Pak Chodjim,

Memang benar, barangsiapa yang mengaku mendapat wahyu dari Allah,
hanya Allah saja yang mengetahui apakah klaim itu dusta atau benar,
sehingga hanya Allah saja yang berhak memberi hukuman atau menyatakan
sebagai zalim.

Mengenai ukuran sukses tidaknya nabi, saya percaya salah satu
kriterianya adalah bahwa nabi yang sukses adalah nabi yang tidak di
bunuh oleh kaumnya sendiri.

Mengenai Guru Baba Nanak, rasanya beliau tidak pernah mendakwakan
dirinya sebagai nabi. Oleh sebab itu beliau bukan nabi, dan para
pengikutnya (kaum Sikh) juga tidak menganggapnya sebagai nabi.
Menurut Ahmadiya, beliau adalah beragama Islam dan seorang wali Allah.

Mengenai Mirza Ali Muhammad (Bahai), ia dihukum mati di muka umum di
Persia pada tahun 1850 dalam usia 31 tahun. Artinya, ia tidak sukses.

Mengenai Mirza Ghulam Ahmad, ada koreksi sedikit, beliau lahir tahun
1835, bukan tahun 1839.

Salam,
MAS

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Achmad Chodjim"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ayat yang Mbak Lina cuplik itu adalah ayat tentang spiritualitas.
Jadi, seseorang itu bohong atau tidak terhadap Allah, hanyalah Allah
dan malaikat utusan-Nya yang mengetahui.

> Lantaran hanya Allah yang mengetahui, maka Dia semata yang berhak
menghukum atau menyatakan kezaliman terhadap pelakunya. Ratusan ribu
nabi dan rasul telah diutus. Kebanyakan nabi tidaklah sukses dalam
dakwahnya, dan bahkan dibunuh oleh kaumnya. Maka, tidaklah heran bila
kehadiran nabi yang diketahui orang dan sukses hanya puluhan saja. Di
antara yang mengaku nabi dan sukses pasca Nabi Muhammad ialah Guru
Nanak (1469-1539,Agama Sikh), Mirza Ali Muhammad (Baha'i, didirikan
pada 1844), dan MGA (1839 - 1908, Ahmadiyah).