Assalamu'alaikum,

Mas Rizal,

Mengakui kesalahan adalah sikap yang elegan dari seorang Muslim. Saya
sangat menghargai sikap ksatria Anda.

Mari kita lanjutkan obrolan kita, dimulai dengan komentar saya di
bawah ini.

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, Mohammad Rizal
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Pertama, saya minta maaf pada para anggota milis ini yang menunggu
jawaban saya. Terus terang, saya sulit mendapat kontak dengan kawan
saya karena dia sedang berdakwah di luar negara. Tapi pagi ini
akhirnya kami dapat berkomunikasi melalui sms.

> Kedua, saya harus meminta maaf kepada Bapak MA. Suryawan beserta
seluruh jamaah Ahmadiah karena saya salah. Ini tepatnya jawaban sms
kawan saya itu:

> "penafsirannya yang lain, dan dia punya buku kumpulan wahyu yang
diterima Mirza Ghulam Ahmad."

Pertama.

Benar, penafsiran atas ayat-ayat al-Qur'an lah yang lain. Hal ini
(beda penafsiran) adalah hal yang sangat umum dan biasa dalam dunia
Islam atau dunia agama lainnya.

Penafsiran adalah opini, dan opini itu tidak bisa disalahkan sebab
yang memiliki al-Qur'an adalah Allah Ta'ala, bukan anda atau manusia
lainnya. Oleh sebab itu, manusia tidak boleh menghakimi/mempersekusi
manusia lainnya karena memiliki pemahaman/penafsiran/keyakinan yang
berbeda terhadap beberapa ayat-ayat al-Qur'an.

Laa ikraaha fiddiyn.

Kedua.

Mirza Ghulam Ahmad tidak pernah membuat "buku kumpulan wahyu." Mirza
Ghulam Ahmad memang banyak menulis buku (> 80 buah buku), yang mana
di dalam buku-bukunya itu beliau tuliskan wahyu-wahyu yang ia terima.

> Saya perbaiki statement saya:
>
> Jadi yang lain adalah penafsirannya dan selain Quran mereka punya
kitab wahyu lain.

Bisa tolong jelaskan, apa yang dimaksud "kitab wahyu lain" - apakah
anda ingin katakan bahwa Ahmadiyah memiliki kitab suci lain selain al-
Qur'an?

> Terima kasih atas ingatannya tentang dosa tersebut. Sungguh, kalau
tidak takut ditanya ALLAH di hari berbangkit nanti, saya tidak akan
postingkan email ini.

> Sekali lagi mohon maaf atas kesalahan saya.

Apology accepted. Semoga Allah Ta'ala memberkahi Anda.

Salam,
MAS