From: L.Meilany
Date: 13/12/2007 5:31:49
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: AIDS di mata ustadz & isu lingkunga

Nimbrung tentang dana :

Menurut saya sih DBD itu juga berhubungan dengan sikap hidup seseorang dan
lingkungannya.
Kebersihan diantaranya juga masalah daya tahan tubuh.
Jentik2 nyamuk gak melulu hidup di air bersih.
Lha buktinya yg banyak kena DBD kan masyarakat yg pola hidupnya juga tidak
higenis.
Yg mandi dikali.
Masyarakat yg katanya miskin, yg rumahnya jadi satu dengan timbunan barang
rongsokan,
dengan kandang hewan.

Ketidaktahuan yg parah , pola hidup yg sehat saya kira yg harus digalakan.

Saya dengar crita dari Flora sewaktu ia tinggal di Kuba. Kuba itu dikenal
sebagai negara
yg tingkat kesadaran kesehatannya tinggi. Meskipun perilaku seks bebas
adalah biasa, tapi
masalah penyakit kelamin, AIDS jarang. Karena mereka dianjurkan untuk
bertanggung jawab
dengan memakai kondom, Di sekolah2, universitas, murid2 dibekali juga dengan
kondom.
Penyakit tropis, seperti demam berdarah juga sudah terbebaskan, bahkan Kuba
yg sudah bisa bikin vaksin DBD.

Persoalan lain juga, disana biaya rumahsakit, pendidikan gratis.
Orang2 yg sakit kemudian di rawat di rumah sakit akan merasa malu karena
berarti dia
gak bisa jaga kesehatannya.
Sedangkan di Indonesia, rasanya bangga kalo di rawat di rumah sakit apalagi
gratisan pake askes.
Wabah DBD setiap tahunnya dianggap sebagai sebuah tradisi tahunan.
Padahal dari kita, dari penderita banyak umat Islam.
Di Islam perilaku sehat, kebersihan kan hal utama?
-------------------------
Pada suatu ketika ada petugas pengamat jentik keliling2 komplek,
lantas ia setengah memarahi saya yg punya beberapa pot, jambangan tanaman
air yg lagi subur2nya.
Ia bilang musti dimusnahkan itu sumber jentik nyamuk. Semua tetangga saya
juga jarang yg punya
jambangan/pot tanaman air, karena takut nyamuk.
Saya bilang, musti tahu tekniknya, taroklah sedikit tanah di pot maka nyamuk
ogah bertelur di situ.
Di koran kompas sendiri ada anjuran untuk mengawasi tanaman air, berhati2.
Kok bukannya dikasih solusinya, gimana caranya gitu.
Kalo gini kan kasian pedagang tanaman air, masak sih musti diberantas

Salam,
l.meilany

.