From: Muhammad Syafei <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [wanita-muslimah] Re: Masjid Ahmadiyah Semarang Didemo Mahasiswa
To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
Date: Wednesday, June 18, 2008, 6:17 PM

Lahirnya IM gak bisa lepas dari benang merah Pan-Islamisme nya
Al-Afghani .. yang semangatnya emang melawan dominasi (baca:
penjajahan barat)

Bahwa .. dalam perjalanannya Pan-Islamisme bergeser jadi Pan-Arabisme,
itu soal lain ..

Juga, bahwa di IM muncul "sayap-sayap" di kemudian hari, itu juga
dinamika yang normal-normal saja.

IM bukan hanya Sayyid Quth atau Maududi yang mewakili sayap fundies,
tapi juga ada Qardhawi yg lebih 'soft', Muhammad Al-Ghazali yg -IMHO-
cukup terbuka, sampai Jamal Al-Banna yang cenderung liberal .. Jangan
lupakan juga Tariq Ramadhan ..

Sayang IM yg masuk ke Indonesia (yg kemudian jadi PKS itu) sayap
fundies-nya. Tapi seperti juga IM, PKS juga berpeluang untuk berubah.
Di bawah kepemimpian HNW dulu, arah ke perubahan itu cukup terlihat.
Sayang di bawah Tifatul Sembiring arah itu gak kelihatan lagi ..

Salam

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Lina Dahlan"
<[EMAIL PROTECTED]>