From: "Rafina Harahap" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Sat, 21 Jun 2008 09:26:03
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: [wanita-muslimah] Re: Masjid Ahmadiyah Semarang Didemo Mahasiswa

Emangnya kenapa kalo datang? Gak ada hukum yang mengharamkan. Baca
dong fatwa MUI dengan baik dan benar. Ingat, mengharamkan yang halal
itu asli gak boleh.

Yang haram itu kan ikut ibadahnya. Bahkan MENDENGAR khotbah pendeta
juga gak apa-apa. Lha, memangnya mendengar pendeta menganjurkan
hal-hal baik, lalu berarti kita menjadi Kristen?

Saya bbrp tahun tinggal di Manado. Adalah suatu kebiasaan kaum
Kristiani di sana utk menyediakan `meja muslim', yang tidak mengandung
babi dan anjing, baik pada syukuran biasa (pernikahan, kelahiran dsb)
juga pada perayaan Natal. Catering di Manado juga otomatis menyediakan
`meja muslim'.

Muslim di sana terbiasa datang ke rumah saudara-saudara Kristiani
ketika Natal. Sudah disediakan makanan khusus utk muslim, masak tidak
datang? Anak-anak Kristiani biasa datang ke rumah tetangga-tetangga
muslim ketika Lebaran. Mulut-mulut mungil mereka berteriak-teriak di
halaman: "Assalamu alaikum.... " dan kami muslim tahu diri untuk sedia
angpau sekedarnya. Saya dengar, hal yang sama juga berlaku di Papua,
anak-anak Kristen akan keliling ke rumah-rumah tetangga muslim, siapa
tahu ada yang kasih angpau, lumayan kan?

Bisa dibayangkan bagaimana perasaan saudara-saudara Kristiani Minahasa
ketika Menteri Pertanian yang PKS itu menolak mencicipi makanan yang
dihidangkan ketika kunjungan kerja ke Manado :-( :-(. Sampe-sampe
Menteri ini jadi bahan gunjingan bawahannya sbg: "Gak diajar sopan
santun sama ibunya yah?" Saya heran, apakah PKS Manado tidak
membriefing ajudan menteri mengenai kebiasaan orang Kristen di sana
menyediakan `meja muslim'. Lagipula makanan sehari-hari orang
Minahasa adalah ikan. Babi dan anjing hanya dimakan pada perayaan.

Tifanul Sembiring itu batak aneh :-). Batak jarang berpoligami karena
akan mempersulit posisinya dalam Dalihan Na Tolu. Sepertinya
istri-istrinya bukan batak ya? Jika sesama batak, biasanya sulit,
karena adat Dalihan Na Tolu itulah, yang menjadi pegangan batak utara
hingga selatan, apapun puak dan agamanya. Kalo mau poligami, yaa harus
dengan etnis lain :-)

horas,
rafina

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> PKS itu mengalami dilematis ;-)
> Megawati mau gandeng HNW jadi wapres, tapi kalo dah jadi wapres kan
musti
> lebih menjalankan misi kebangsaan, kalo ada perayaan keagamaan non
islam musti datang.
> Mana mau PKS?
> Apalagi kalo mau jadi presiden nanti harus datang ke acara perayaan
natal bersama, kayaknya belum waktunya.
> :-)
>
> Jadi judulnya, mau jadi penguasa tapi ogah bediri atau mengayomi
semua golongan.
> Di deptan yg menterinya PKS saja , begitu menjabat langsung semua
pegawai perempuan ikhlas gak ikhlas