From: "h.s nurbayanti" <[EMAIL PROTECTED]>

Date: Sat, 2 Aug 2008 18:18:09
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Subject: Re: Bls: [wanita-muslimah] Pelecehan seksual kian marak di Mesir

Menurutku poin mbak mei:
- yg berkaitan dng cara pandang: tambahan aja, bahwa yg berjilbab juga gak
lebih suci dan bener dari yg gak berjilbab.
- utk soal jail-menjail, mbak mei bicara di tataran teknis... soal
berdesakan di bis dsb.

Sharing aja, sebenarnya sih asal tau kiat-kiatnya aja. Dimanapun kita
berada, harus aware ma keadaan sekeling.
Kita bisa tau kok, mana yg copet mana yg gak.. Simple aja, baca body
language, terutama mata.
Matanya biasanya jelalatan. Pencopet cowo lebih mudah dikenali drpd pencopet
cewe hehehe.. pengalaman sih gitu.
Tas selalu di depan. Kalau yg badannya kecil, pake hal2 yg bisa digunakan
utk membantu tubuh yg kecil.
Bisa tas, siku atau memanfaatkan ayunan badan :-). Kalau ada yg jail,
gerakin aja badan ke samping atau ke depan, atau kalau berdesakan banget,
gerakin aja sikunya, tapi pake power dikit. Pokoknya menggunakan apa yg bisa
digunakan buat bahan "gebukan" yg keliatannya tindakan yg gak sengaja...
terus bilang dng sopan, "eh, maaf mas.."
(Tapi dalam hatinya bilang, "rasain lo, siapa suruh jail ma gue" hehehe...)

Posisi badan kuda-kuda. Dalam bela diri, kuda2 yg baik itu adl kuda2 yg
tidak keliatan spt kuda2.
Kaki dibuka selebar bahu. Tangan di samping. Udah. Gampang kan?
Posisi spt ini memudahkan utk menendang, mau ke depan, belakang, samping.
Kalau mau mukul atau nge-blok pukulan, tangannya jangan lurus. Agak bengkok
dikit.
Posisi yg agak bengkok ini meningkatkan fleksibilitas tangan. Jadi kalau ada
hamtaman ke tangan, bahunya gak sakit.
Beda kalau tangannya lurus. Coba aja dan rasakan bedanya :-) Posisi ini
juga leluasa utk nendang, mau tendangan pisau (miring), pake telapak kaki
dll. Cuma, kalau nendang, harus tiba2.. biar ada unsur kaget. Usahakan kalau
nendang, bahunya gak goyang (kalau nari kan juga ada yg kaya gini, bergerak
tapi posisi/tinggi tubuh sama/rata). Karena biasanya, cara mendeteksi gerak
lawan dilakukan dari melihat posisi bahu dan kaki, hehe.. Tendang aja bagian
vitalnya. Atau kalau mukul, jangan mukanya, tapi serang bagian vital. Bagian
vital itu ada yg sendi lengan, mata sampe jakun :-) Lebih efektif karena gak
harus dilakukan berkali2. Serangan yg baik itu adl serangan satu pukulan,
kata chinmi :-) Tindakan yg tidak etis kalau lagi pertandingan bela diri,
tapi bisa dibenarkan pada keadaan membela diri. Muka gak boleh keliatan
takut. Datar aja, jangan panik karena panik tidak menyelesaikan masalah :-).
Lagian jangan mau terintimidasi hanya karena kita perempuan. Sok cool aja,
tapi mikir.

Kalau di kolam renang juga gitu... pake gaya katak..
Jadi kalau ada yg mau jail, "tendang" aja.
Toh emang di gaya katak kan ada gerakan nendang.. hehehe...

Tapi kalau ternyata berjodoh dng si jail.. wah, ndak tau deh..:P
Aku sih gak suka laki-laki mas-teng..
Maksudnya... mas-mas tengil.. :-)

Sori kalau jadinya ngelantur.
Sekedar tips aja buat para perempuan.