Saya punya segerombolan bestfriend laki2, dan -herannya saya cuma
punya sedikitttt best-friend perempuan. Awalnya saya pikir lebih enak
bersahabat sama cowok, karena gak ribet cara mikirnya ... tapi
akhirnya ketika saya pikir2 bestfriend saya yang cewek pun ternyata
orgnya sama cara berpikirnya kayak saya, ga mau ribet juga ... hehehe

Sahabat2 cowok saya semuanya sudah beristri. Malah satu ada yang
mantan pacar pas SMA, tapi sekarang kita udah yakin seyakin-yakinnya
bahwa memang kita pasnya jadi temen aja. Jadi biarpun dipaksain kayak
apa (dan ini udah terjadi berkali-kali) kita ga bisa lagi saling jatuh
cinta.. karena belangnya udah ketauan semua kali yeee... kikikik...

Istri2 sahabat saya, tidak ada satupun yang cemburu sama saya. Kenapa
ya? Mungkin karena saya ga kliatan sebagai sosok yang harus
dicemburui? Ya ga tau juga.. mungkin saya ga cukup sexy untuk
dicemburui kaleee... hihihi. Tapi itu penting, bagaimana saya sebagai
perempuan yang hadir duluan dalam kehidupan suami2 mereka, dapat
menempatkan diri sebagai orang yang bisa dipercaya untuk si istri
juga.

Walo mereka ga pernah cemburu sama saya, tapi saya sebenarnya rada
jaga jarak sama istri2 mereka. Bukannya apa2, sahabat2 saya nih
ternyata ga semuanya pria2 yang setia pada istrinya. Jadi atas nama
brotherhood, saya memilih untuk tetap berada di pihak sahabat saya ...
hiks hiks... Saya pernah cerita kan kalo salah satu sahabat saya ada
yang saat ini terlibat perselingkuhan, yang saya ketahui detil
ceritanya.... Ini dilema, kalau istri2 mereka terlalu dekat sama saya,
saya kan jadi ga enakan sama mereka. Jadi saya memilih jaga jarak
saja.

Nah... perkembangannya sekarang, sahabat saya itu sekarang sedang
dalam rencana akan menceraikan istrinya untuk bisa bersama dengan
pacar barunya. Saya sudah tawarkan opsi poligami, tapi si sahabat ga
ngerasa istrinya bisa akur sama pacarnya. So cerai adalah opsi yang
diambil sahabat saya.

Saya sedih melihatnya. Karena di awal pernikahan mereka, saya sempat
ngiri dengan keharmonisan rumah tangga mereka dan bagaimana sahabat
saya menjaga keluarganya dengan baik. Tapi ternyata keharmonisan itu
akan segera diakhirinya hanya karena sahabat saya jatuh cinta (dengan
teramat sangat) pada perempuan lain.

Kalau mau dicengeng2kan, saya kasihan pada istrinya yang tidak
bekerja, anaknya yang seumuran anak saya. Mereka tidak lagi akan
merasakan kehidupan yang sekarang mereka rasakan. Tapi yaaa itulah
hidup! Dengan segala resikonya...

Soal istri pertama dan kedua yang menurut mbak Ni jadi korban
struktural, menurut saya untuk zaman sekarang ga terlalu tepat lagi.
Karena saya mengenal beberapa teman yang dengan sadar dan sesadar2nya
memilih jadi istri kedua, tanpa paksaan dan atas keinginan mereka
sendiri. Mereka benar2 tahu apa yang mereka lakukan, dan pengorbanan
mereka sebagai istri kedua, demi tetap membuat nyaman si istri pertama
dalam kehidupannya, sungguh luarbiasa ... Luar biasa. Tanpa disuruh,
tanpa dipaksa, mereka memberikan apa yang bisa mereka berikan untuk
kenyamanan istri pertama.

Tapi satu hal yang saya catat, para istri kedua ini adalah perempuan2
mandiri. Mereka bisa hidup tanpa harus dinafkahi oleh suami dan mereka
punya banyak kesibukan yang akhirnya membuat mereka tak sempat
memikirkan kecengengan2 dalam rumah tangga. Sementara istri pertama
yang ibu rumah tangga, hanya mengharap nafkah dari suami. So tentu dia
banyak waktu untuk menangisi hidupnya dan mencoba memahami kenapa dia
akhirnya terpaksa memilih opsi untuk hidup berpoligami seperti
sekarang.

Terakhir katanya mereka sudah rukun dan damai, mereka luangkan waktu
sebulan sekali untuk hang out bersama, tanpa suami dan anak2. Ngupi2
di Kafe atau belanja baju di ITC, sebagaimana layaknya dua perempuan
bersahabat. Sumpah, saya menitikkan airmata melihat sahabat saya bisa
seperti itu. Perjuangannya untuk mendapatkan maaf dan kasih sayang
dari si istri pertama sungguh tak mampu saya bayangkan.

Pada akhirnya, untuk perempuan mandiri, menikah adalah pilihan.
Menikah hayuk. Tak menikah pun tak mengapa. Menikah jadi istri
kesekian pun so what gitu loh. Ketika sudah menikah, suami mo kawin
lagi dan kita ga setuju, ya cerai saja. Gitu aja kok repot. :)

Fer!

Kirim email ke