sebenarnya bukan cerdas, tapi bargaining positionnya yg lemah...
yg di nomor urut jadi, biasanya yg punya bargaining position tinggi...
dia politisi perempuan yg "laku", yg:
- berkualitas, kerjanya dah terbukti...
- mampu membangun dan memelihara relasi dng konstituennya dan masyarakat
kalau udah punya posisi tawar yg tinggi, mereka bisa bilang gini di partai:
"saya gak mau kalau gak di urutan no 1"
mantaaaaaap...
tapi bukan berarti mereka yg di nomor urut sepatu tidak cerdas..
kalaupun tidak cerdas, itu "wajar" dan perlu diperbaiki..
karena perempuan hidup dalam sistem yg timpang..
pertama, perempuan dianggap makhluk yg tidak atau kurang intelektual dari
laki2
kedua, perempuan punya peran sosial yg dikonstruksikan oleh masyarakat
dimana wilayah publik itu kadang offlimits.
ketiga, perempuan punya akses yg terbatas dari laki2...

soal perempuan versus perempuan...
gimana ya, biar kata mas dwi perempuan itu tanggungan laki2, tapi
kenyataannya, jadi perempuan itu berat...:-)
yg harus dihadapinya bukan cuma laki2, tapi perempuan juga...
kalau yg cerdas, bisa langsung ngerti...
parameternya bukan dilihat dari jenis kelamin
karena ketika kita ngomong gender, bukan ngomong jenis kelamin...
tapi ideologi patriarkal.. dan cara berpikirnya.
simplenya gini...
buaya itu bukan cuma laki2 aja.. katanya sastrawan aa navis.. hehehe...

PDI-P walkout belum tentu membuat orang yg simpatik atau pujian..
Banyak juga kok yg mengkritik walk-outnya PDIP, bahkan dari mereka yg
menolak pornografi...
PKS juga tidak semuanya konservatif... utk beberapa isu tertentu, bahkan
mereka mitra yg baik..
 Jadi benar kata mas ary, liatlah posisi atau keberpihakan mereka thd isu2
tertentu..
Lagian, soal pilihan partai, kadang2 itu soal "kekeraskepalaan" kita ma
partai tertentu kok :-)

PS. Pertanyaan yg belum dijawab ma PKS (berkaitan dng perempuan) adalah apa
harus berjilbab? :-)
Mereka bisa berargumen soal isu keberagaman di dalam partainya, bahwa ada
juga kader mereka yg non-Islam..
Dulu pernah ada artikel soal ini.. mungkin mas sunny yg posting :-) Tapi
kan, terbatas pada laki2? :-)
Masih belum jelas apa pemahaman mereka thd apa itu "perempuan" dan
"perempuan muslim"
Apakah harus yg berjilbab? Gimana, mbak rama yanti? :-)
Jadi usil pengen liat jawabannya mbak rama yanti apa.. sama gak dng mereka
yg di DPR.
 Soalnya, pertanyaan itu juga yg sering kita tanyain ma mitra kita yg staff
ahlinya PKS.. hehe..

salam usil bin iseng lagi,
Herni