--- In wongbanten@yahoogroups.com, "ali nurdin" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Kang Nurdin dan Teman-teman, point yang saya ingin sampaikan adalah,
sebenarnya bangsa kita mampu memberikan pelayanan cepat, setengah jam
untuk sebuah pasport dengan persyaratan lengkap. Bangsa kita mampu
memberikan layanan dengan harga yang resmi yang seluruhnya dimasukkan
ke negara.

Namum entah lingkungan dan  pendidikan apa yang pernah mereka
dapatkan dulu, pokoknya kalau bisa diperas, peraslah mereka! Kalau
bisa dipersulit persulitlah mereka. Maka jangan heran, mental Pak
Ogah ada dimana-mana, mulai dari tukang kompas parkir, putaran jalan,
polisi, wartawan pemeras, kontraktor boong-boongan yang memeras
sesama pengusaha, sehingga pengusaha harus menekan mutu barangnya.
Mereka pikir, harta yang diperoleh dari hasil memotong hak orang lain
bisa memberi bekal untuk hidup selamanya...

Di Kompas, hari ini ada tulisan tentang seoarang yang memakai jas,
naik BMW mencoba masuk ke gedung DPRRI, ternyata dia jauh mendapat
kemudahan dibandingkan dengan   orang yang sama dengan menggunakan
kaus oblong dan bersandal jepit.

Memang yang benar adalah Kang Gola Gong, "bertapa" di Rumah Dunia
sambil membangun komunitas sekitarnya. Sesekali dia turun gunung
mengamalkan ilmunya. Saya masih hanya bisa bermimpi seperti itu...

Salam

> Kang Machsus,
> beruntunglah anda menjadi wartawan, karena terbukti disegani
(ditakuti?) oleh pegawai imigrasi, mungkin juga oleh polisi, jaksa,
dan pejabat-pejabat lainnya.
> tahun 1992, ketika masih wartawan, saya juga buat paspor hanya 1
jam di imigrasi merak. tahun lalu, ketika sudah bukan wartawan, saya
bikin paspor juga 1 jam di imigrasi serang, dengan biaya resmi 255rb.
cuma saya dianter oleh seorang anggota dprd banten, tentu bukan saya
yang disegani tapi anggota dprd itu.

> ngomong-ngomong, yusron mau pergi ke mana bikin paspor?
>
> salam.
> ali nurdin

Yusron

>   Kang Ucon
>
>   Siapa bilang buat paspor di Serang lama? Saya buatnya hanya
setengah
>   jam di Kantor Imigrasi Serang dengan biaya resmi.
>
>   Waktu itu dapat tugas mendadak dari kantor, nyampe di rumah cek
>   ternyata Paspor udah habis masa berlakunya. Saya langsung aja ke
Serang