metode, hukum, peraturan, tatacara, mbahmu, merujuk ke konsep yang sama nggak
sih bu? yang debat kusir kayaknya anda dan otak anda yang misplaced itu deh.

kalo ngerasa dikalahkan ya jangan pundung lah...

--- On Fri, 8/1/08, Hafsah Salim <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
From: Hafsah Salim <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [zamanku] Re: Allah Semua Agama Itu Ternyata Sama Saja!
To: zamanku@yahoogroups.com
Date: Friday, August 1, 2008, 6:30 PM

Sorry, logika itu bukan hukum dan bukan kepercayaan, tapi se-mata2

hanyalah metode saja dalam suatu proses analitik.

Jangan debat kusir dengan saya, silahkan debat kusir dengan sufi

ataupun ulama.

--- In [EMAIL PROTECTED] .com, Lurino <[EMAIL PROTECTED] > wrote:

> hadits, dalam segala pengertiannya, memang merupakan kitab tafsir

dan berisikan berbagai narasi bla bla bla di sekitar islam. mungkin

anda menganggap nilai kebenaran hadits adalah nol. sayangnya dunia

teologis mengakui validitas hadits. dan tentunya saya lebih

mempercayai omongan mereka daripada anda.

> hadits, textbooks, pornografi, dan semua narasi umat manusia

dibangun atas imajinasi dan sebangsanya. apakah itu berarti kebenaran

mereka dipertanyakan? kalau memang begitu, maka apa yang anda

percayai? hukum fisika? saya yakin anda tidak memahaminya sebaik saya.

> kalo anda merasa bahwa fisika dan matematika kebenarannya tidak

dipertanyakan karena ada pembuktian yang valid, maka ingatlah kalau

validitas yang ada dalam hukum2 positif itu adalah validitas

sementara, bukan validitas mutlak yang anda cari. hanya karena hadits

dan sebangsanya memiliki validitas yang temporarity- nya lebih jelas

terlihat daripada hukum fisika dan matematika, bukan berarti mereka

tidak valid.

> dan, kalo anda ngomongin soal hukum logika, kok kayaknya ada yang

salah dengan logika anda ya. mungkin anda salah buka buku, atau salah

buka otak. mungkin sebaiknya anda pastikan dulu kalau otak yang anda

pakai terletak di ujung yang benar, bukan di ujung lain tulang

belakang anda.

> gini ya bu, A benar, B benar, C adalah kesimpulan dari A dan B. C

benar jika dan hanya jika: A memiliki hubungan yang relevan,

signifikan dengan B,  dan tidak terpengaruhi faktor luar. nah, dengan

adanya nilai nilai lain yang anda pakai dalam pemikiran anda, maka

nilai nilai tersebut harus bisa dihitung korelasinya dulu sebelum anda

memutuskan bahwa ketika A benar, B benar, maka C pasti benar.

Hadist2nya.