Saya sendiri bukan orang yang hidup di masa lalu. Hidup saat ini jelas untuk
masa depan. Tapi masa depan yang bagaimana? Apa jejak perjuangan yang bisa
ditorehkan di masa kini yang bisa menjadi pelajaran di masa depan? Bahwa kita
sekarang ini generasi kalah yang mewariskan kekalahan itu kepada generasi yang
akan datang dan berharap merekalah yang memperbaikinya? Apakah justru karena
itulah maka tugas kita sekarang adalah untuk menghentikan kerusakan itu dan
syukur-syukur bisa mengembalikan nilai-nilai historis yang selama ini dicoba
dihapuskan jejaknya?

Bagi saya, ini justru saatnya, saat di mana sisa-sisa gedung itu masih ada dan
belum sepenuhnya hilang. Jangan dibiarkan benda-benda itu raib dan tidak ada
catatan apapun untuk pelajaran generasi depan! Karena benda-benda itu masih
ada, masih lebih besar kemungkinannya untuk merestorasinya ketimbang hanya
memberikan catatan sejarah bahwa gedung itu dibongkar tahun 1990-an, kemudian
didiamkan pada masa reformasi, tetap didiamkan selama masa selepas era
reformasi, dan selanjutnya akan terus didiamkan selepasnya?

Pada saat ini, justru momen untuk berbenah. Saya bukan orang yang meratapi masa
lalu, tapi saya menyadari bahwa nilai historis masa lalulah yang menjadikan
kita ada di masa kini. Perlukah generasi yang akan datang mengetahui dilema dan
masalah kita agar kesalahan serupa tidak terulang? Perlu. Nah, mumpung masih
ada sisanya (ketimbang benar0benar hilang ditelan masa), inilah saatnya untuk
meneguhkan kembali perhatian dan kepedulian atas aset budaya tersebut.
Sebagai contoh, di sejumlah negara, ada upaya untuk merestorasi benda-benda
yang dirusak atau dihilangkan (karena berbagai faktor), karena mereka sadar
bahwa itu adalah tugas masa kini untuk menghubungkan kesejarahan masa lalu
mereka dengan masa kini dan masa yang akan datang.

Makanya Museum Baghdad ngotot mengumpulkan kembali artefak yang mereka miliki
dari jaman Sumeria, Babilonia hingga jaman Saddam. Museum Aborigin (di sejumlah
kota di Australia) mencoba mengembalikan ingatan mereka yang coba dihapus oleh
kalangan kulit putih lewat proyek yang menyebabkan The Stolen Generation selama
50 tahunan lamanya! Museum Indian (dan suku-suku di Amerika, meskipun masih
berada dalam wilayah Konservasi), selalu disuguhi kegiatan untuk mengembalikan
martabat mereka sebagai suku yang merdeka dan sederajat dengan kalangan kulit
putih, sampai-sampai di Kanada, pemerintahannya menyampaikan permintaan maaf
atas perilaku "nenek moyang bapak agung kulit pucat" yang menyebabkan derita
berkepanjangan warga Indian. Di Afgan sendiri, ada sejumlah orang budayawan
(bahkan muslim) yang mencoba memulai pemugaran patung budha besar yang
dihancurkan Taliban.

Di eks Yuan Ming Yuan sendiri, sedang ada perdebatan hangat mengenai apakah
akan membangun Museum itu kembali untuk memperlihatkan kemegahannya yang tidak
tertandingi, ataukah memindahkan lokasinya dengan alasan untuk menyediakan
monumen kenangan atas penjarahan yang dilakukan delapan negara terhadap harta
pusaka negara tersebut.

Dalam hal ini, CN adalah salah satu aset budaya yang sangat kuat pesan
historisnya. Dibandingkan dengan rumah SBK atau makamnya, dibandingkan
kelenteng-kelenteng yang sudah berubah warna, maka fakta sejarah, fungsi dan
keanggunan rumah KKA di CN ini bisa menunjukkan bagaimana kalangan Tionghoa
memiliki kedudukan penting di bumi nusantara ini.

Jadi, tidak heran apabila saya tetap mendesak untuk mengembalikan benda cagar
budaya ini ke bentuk aslinya dengan kedua sayap, paviliun belakang dan halaman
terbuka (semodel dengan Gedung Arsip Nasional di jalan yang sama). Toh para
pelaku (dan penjahat) sejarahnya masih ada dan bisa ditodong untuk insaf.

Saya sendiri sebagai orang yang mendalami masalah transitional justice juga
perlu menegaskan bahwa pemberian maaf yang baik tidak boleh melupakan sejarah,
agar kesalahan serupa tidak terulang. Namun demikian, pemberian maaf hanya
berguna kalau si pelaku meminta maaf dan menyadari kesalahannya. Kalau tidak,
kita cuma memberi maaf kepada rupa patung belaka. Tentu saja ini bukan
pembalasan dendam, tapi sebuah proses timbang terima. Kalau anda tahu adanya
penjahat di pasar yang pernah menodong anda, kemudian anda bertemu lagi
dengannya di mana dia memandangi anda tanpa bicara dan anda memaafkannya,
padahal tindakan anda itu bisa jadi akan memungkinkannya bisa mencelakai orang
dan bahkan teman anda, jelas itu bukan tindakan bijaksana. Yang benar tentunya
perhatikan dia baik-baik, apakah perilakunya berubah atau dia kemudian minta
maaf dan menyatakan tidak akan mengulang kejahatannya, barulah maaf itu berarti
baginya. Saya bukannya mendorong untuk membalas dendam, tapi mengingatkan bahwa
pemaafan saja tidak selalu berarti bijaksana.

Jangan lupa, yang diberikan Soeharto itu juga aslinya bukan 4,5 ha. Ada deal
apa, kita tidak pernah diberitahu. Apakah Brigjen itu bertindak untuk Tionghoa
Indonesia, saya tidak memahami sepenuhnya. Tapi, yang pasti, kalau itu dianggap
penebusan, saya pikir sangat lucu. Kenapa dia menebusnya ke Tionghoa saja?
Sudah berapa ribu ha yang disikatnya dari petani Tapos, Jonggol, Cariu dan
"sejuta" ha di Kalimantan dan kemana dia menebusnya? Dalam hal ini, saya tidak
berani memastikan bahwa itu penebusan, dan juga tidak mau mengakui bahwa itu
penebusan, karena dampak dari "tebusan" ini bisa jadi adalah mahal harganya.
Apa dia sebenarnya mau "membeli" kalangan Tionghoa untuk tidak terus
menghujatnya. Kalau memang begitu, yaaa, itu sih namanya PENYUAPAN. Tionghoa
tidak memeras dia kan? Saya sih tidak mau menerima suap macam itu.

Belum lagi kalau dibaca secara post factum, apakah TBT tidak akan menjadi
bumerang ketika kalangan lain seperti India dan Arab (kenapa tidak Belanda
sekalian yang jejak sejarahnya juga kuat di bumi ini, termasuk Portugis,
Jepang, Perancis dan Inggris serta Amerika yang pernah ikutan mendarat di
sini?) justru tidak menerimanya? Jelas itu bukan soal uang atau kekompakan
seperti disinyalir dalam sebuah thread. Kalangan India juga sangat kompak dan
banyak yang kaya. Sindikasi kalangan India di Singapura saja sangat sering
bertemu dan bergaul lumayan era, meskipun secara profesi dan kasta mereka
terpaut jauh. Kalangan India Pasar Baru, Deli, Solo dans ebagainya tentunya
mampu untuk membangun. Kalangan Arab dari Koja, Mampang ditambah kedekatan yang
masih dimiliki dengan turis dari negeri asalnya, tentu lebih dari sanggup
membangun museum di TMII. Mesjid kubah emas di Depok saja yang berkorelasi
dengan dana Arab juga mampu dibangun dengan biaya yang sangat tidak sedikit.
Jadi ada apa dengan nafsu TBT tersebut?

Saya menekankan bahwa justru karena sejarahlah maka kita belajar untuk arif.
Saya bukan mau mengingat-ingat kesalahan, tapi mengingatnya untuk menjadi
pelajaran. Sepahit dan sehitam apapun sejarah itu. Kalau ada orang salah, itu
wajar, apalagi kalau tidak sengaja. Tapi kalau sengaja dan berbahaya, wajar
pula orang itu untuk minta maaf. Seperti pepatah, kesalahan besar dikecilkan,
kesalahan kecil dihapuskan. Itulah sikap seorang Tionghoa, yaitu tidak
membesar-besarkan kesalahan. Tapi jangan lupa, prinsip itu pun berimbang dengan
padanan prinsip lainnya, mengenali watak dan sifat orang. Dalam hal itu,
pemaafan adalah perlu namun harus seimbang dengan perbaikan watak atau sifat
yang diberikan pemaafan itu.

Saya tidak dibebani oleh sejarah, tapi saya menyadari bahwa sejarahlah yang
membuat kita ada dan bernilai. Apakah kita lebih baik dari masa lalu, apakah
generasi kita lebih manuusiawi dibandingkan dengan orang-orang terdulu.

Sejarah dengan demikian adalah cermin untuk menilai kesiapan diri kita untuk
mewariskan apa yang kita punya kepada generasi mendatang. Meskipun sering
dikatakan untuk melupakan yang buruk dan mengenang yang baik-baik saja, itu
hanya berlaku untuk manusia personal. Saya tidak punya rasa dendam kepada
Soeharto meskipun kebijakannya banyak yang merengut masa depan yang harusnya
saya bisa genggam. Saya bukan siswa sekolah kelas bawah. Tapi kebijakan
Soeharto menyebabkan saya tidak pernah mendapat kesempatan untuk di depan
memimpin sesuai dengan potensi yang saya miliki, hanya gara-gara minoritas
berganda empat yang saya miliki.  Berbeda dengan teman lain yang memilih
tunduk, saya memilih melawan. Banyak mimpi saya gugur karena halangan-halangan
imajiner yang dibuat oleh birokrasi di hadapan saya. Jadi dalam hal ini, saya
sangat sah untuk tidak suka dengan Soeharto. Tapi adakah orasi-orasi saya yang
meminta misalnya agar Soeharto dibunuh atau dimasukkan siksaan? Justru tidak,
saya hanya menyampaikan tuntutan saya agar dia mundur, mengakui kesalahan,
masuk kerangka hukum dan mengembalikan harta kekayaan para pejabat yang
dikorupsi. Tapi memaafkan Soeharto karena dia "menebus" dengan TBT? Waaah,
nanti dulu. Saya hanya membiarkan dia tidak dihujat dalam kehidupan bakanya,
tapi memberikan maaf bukan lagi porsi saya.

"… sisa-sisa bahan bangunan dari Gedung Candra Naya itu, untuk dibangunkan
suatu 'sisa gedung' porak poranda (sengaja dibuat tentunya) ….lalu diberi
catatan: "Inilah hasil perbuatan yang salah di masa lalu, moga-moga tidak lagi
ada pengulangan kesalahan yang sama di masa depan." ….Memang sih TMII itu cuma
'taman hiburan berthema', tapi rasanya ndak ada salahnya juga kalau kita punya
'simbol' budaya di sana. …. bangun satu resto makanan khas Tionghua Babah
(Indonesia) ya. Juga ada 'pabrik' tahu jaman kuno (masih pake gilingan batu)
yang tanpa pengawet tapi awet, pabrik dodol yang masih pake langseng dan
ngegelepung berasnya pake alu begitu (barusan lihat pabrik dodol di Tangerang
yang masih tradisionil dan kuno tuh!), dan makanan lain-lain yang khas tionghua
Indonesia. Hasil produksinya bisa dijual dengan cap dan harga yang sepadan,
keuntungan bisa dimasukkan ke dalam kocek yayasan. ….Bangunan utama dapat
diberi nama BUN BIO GUS DUR ( tempat budaya GUS DUR ) atau pun LI THANG GUS DUR
( Hall/aula pembelajaran GUS DUR ).
"

Ide itu menarik, tapi tidak realistis. Lebih baik ornamen tersisa dikembalikan
ke bangunannya. Kalau mau replika kehancuran, bikin aja seadanya tanpa perlu
bahan asli. Sudah itu pabrik-pabrik itu tidak akan dapat ijin lokasi. Anda tahu
cara pembuatan tahu tradisional yang membutuhkan banyak air? Pembuatan dodol
yang memerlukan arang kayu keras? Kalau cuma replika sih boleh, tapi AMDAL akan
wanti-wanti melarang itu semua demi kepentingan situ Cibubur yang juga sekarang
sedang terancam keberlangsungannya. Soal Bun Bio atau Li Thang juga tidak pas,
belum lagi terjemahannya. Bio tidak bisa disamakan dengan mesjid. Kalau mesjid
Cheng Ho tentunya bukan dimaksudkan untuk memuja Zheng He. Tapi kalau Bio,
fungsi utamanya adalah memberikan penghormatan kepada tuan rumah yang disebut
namanya di situ. Meskipun bio juga ada macam-macam, tapi yang dikawatirkan
justru adalah tudingan syirik yang juga bisa menimbulkan antipati besar, bahkan
dari kalangan dekat Gus Dur sendiri.

Tetap saja, perkembangan TBT menunjukkan bahwa tempat itu hanya pajangan budaya
artifisial, bukan monumen yang benar-benar dibutuhkan. Banyak buku yang
mengulas makna konservasi, atau monumen budaya. Intinya adalah bahwa tema dari
suatu lokasi haruslah sesuai dengan maknanya. Kalau tidak, yaaa, itu cuma
mengulang proyek Kota Legenda, Taman Wisata, Kluster Tiongkok atau Anjungan
Tionghoa.
Tapi kalau mau membawa nama Budaya Tionghoa (Indonesia)? Jauh panggang dari api.

Adapun yang dinamai berbakti adalah dapat sebaik-baiknya meneruskan pekerjaan
mulia dari generasi terdahulu. Dalam sembahyang musim semi dan musim gugur
hendaklah dibangun kembali bio leluhur, diatur rapi barang-barang warisannya,
diatur rapi pakaian-pakaiannya dan disajikan makanan sesuai dengan musimnya.

Suma Mihardja

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Ophoeng" <opho...@...> wrote:

> Bung Sugiri, Bung Tjandra G., Bung Zhoufy, Bung Dr. Irawan, Bung David K,
> Bung Dipo, Bung Ardian C., Bung Agoeng, Bung Kawaii, Bung Sumamihardja, Bung
> Utama, Bung Andre Harto, Bung Bebek Ceper, Bung Rio Bembo, Bung Eddy Witanto,
> Bung Rico, dan TTM semuah,
>
> Hai, apakabar? Sudah makan?
>
> Membicarakan penyesalan kita atas hancurnya gedung-gedung tua khas Tionghua
> yang asli, kayaknya sih tiada akan ada habisnya, dan akan terus berlanjut -
> sebab gedung-gedung tua di mana-mana sekarang pada menunggu nasib yang hampir
> [...]

Kirim email ke