Memang susah kalau negara sudah terlanjur terjerat utang dan hidupnya
sangat dependent terhadap pasar (baca : para kapitalis). Pilihan2 yang
bisa diambil hanya optimasi lokal, yang selalu berdampak tidak memuaskan
di sana-sini. Nyaris tidak pernah ada kebijakan yang radikal dan
memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Terlebih para
pengambil kebijakannya terlalu risk averse thd reaksi pasar, tapi sangat
berani mengambil resiko utk mencelakai rakyat. Mungkin memang realita
yang harus kita akui, bahwa bagi Indonesia pasar (sekali lagi baca :
para kapitalis, yg bbrp gelintir jumlahnya) jauh lebih berkuasa daripada
rakyat yang lebih dari 200 juta.

Tentu kondisi ini tidak langsung terjadi begitu saja sejak RI merdeka
tahun 1945. Dalam pandangan saya, hanya presiden pertama RI yang
sungguh2 negarawan, yang mempergunakan kekuasaannya semaksimal mungkin
untuk kepentingan bangsa. Presiden2 selanjutnya, kita tahu track record
kebijakannya :-(

Deni Ridwan wrote:

> Saya sepakat dgn Bang Poltak,
>
> Tekanan terhadap nilai tukar rupiah dan harga SUN pada saat ini salah
> satunya merupakan kontribusi atas ketidak percayaan market atas APBN
> akibat tingginya subsidi BBM.
> Kalau harga BBM dipertahankan tapi nilai rupiah kemudian anjlok, sama
> artinya pemerintah (dan BI) mempertahankan harga BBM tetap tapi
> "menaikkan" harga semua barang lainnya.
> Belum lagi kalau kita bicara ttg harga SUN. Jika harga SUN anjlok
> tentu akan menambah cost of fund yg harus dikeluarkan pemerintah dalam
> [...]

Kirim email ke