Alhamdulillah,
Sholawat dan salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Al-Mustofa Muhammad
Shollalahu 'Alaihi Wassallam, beserta seluruh kerabat, sahabat dan setiap
yg mengikuti jalannya hingga yaumil qiyamah.

Amar ma'ruf Nahi Munkar (mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemunkaran)
adalah kewajiban bagi setiap muslim.

Allah Berfirman:

"Artinya  : Telah dilaknati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan
Daud  dan  'Isa putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka
dan  selalu  melampaui  batas.  Mereka satu sama lain selalu tidak melarang
tindakan  mungkar  yang mereka perbuat. Sesungguhnya amat buruklah apa yang
selalu mereka perbuat itu." [Al-Ma'idah: 78-79]

Rasulullah Shollalahu Alaihi Wassallam bersabda:

"Artinya  :  Barangsiapa  di  antara  kalian melihat suatu kemungkaran maka
hendaklah  ia  merubahnya  dengan  tangannya,  jika  tidak bisa maka dengan
lisannya, jika tidak bisa juga maka dengan hatinya, itulah selemah-lemahnya
iman." ( HR. Muslim dalam Al-Iman (49))

Dalam sabda lainnya beliau menyebutkan:

"Artinya  :  Sesunggunnya  manusia  itu bila melihat kemungkaran tapi tidak
mengingkarinya,  maka  dikhawatirkan  Allah  akan menimpakan siksa-Nya yang
juga  menimpa  mereka."[HR.  Abu Dawud dalam Al-Malahim (4338), At-Tirmidzi
dalam At-Tafsir (3057), Ibnu Majah dalam Al-Fitan (4005) seperti itu.]

BAGAIMANA METODE BERDAKWAH?

Allah Berfirman :
"Artinya  :  Katakanlah,  Inilah  jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang
mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata'." [Yusuf
: 108].

Dari  ayat diatas, jelas bahwa dakwah haruslah menyeru kepada Allah, dengan
hujjah yg nyata atau ilmu.

BAGAIMANA CARA MENGINGKARI KEMUNKARAN?

Sebagaimana disebutkan pada hadits yg diriwayatkan Imam Muslim diatas, maka
metode mengingkari kemunkaran ada 3:
1.  Yaitu  dengan  tangan,  maksudnya  adalah dengan kekuasaan. Maka setiap
muslim  wajib  mengingkari  kemunkaran dengan kekuasaan (paksaan) diwilayah
kekuasaannya.   Seorang   suami   kepada   anak   istrinya,   ibu  terhadap
anak-anaknya, pemerintah terhadap rakyatnya dan sebagainya.

2.  Dengan lisan, maksudnya adalah menjelaskan dengan hujjah (perkataan) yg
nyata  tentang  kemunkaran  itu. Misal dengan menjelaskan kepada masyarakat
haramnya  riba,  haramnya  judi dll. Akan tetapi tidak sampai pada tindakan
fisik.

3  Dengan  hati, maksudnya adalah membenci perbuatan kemunkaran itu didalam
hatinya.

KASUS:  BENARKAH  CARA  FPI  DALAM MENGINGKARI KEMUNKARAN (KASUS PORNOGRAFI
DLL)?

Dari penjelasan tentang cara mengingkari kemunkaran diatas, jelas bahwa FPI
telah  SALAH  dalam  memahami  mengingkari kemunkaran dengan tangan. Karena
oknum2  yg  terlibat  dalam majalah playboy, diskotik dll, mereka itu dalam
kekuasaan  pemerintah,  bukan  kekuasaan  FPI.  Maka  yg berkewajiban untuk
memberangus mereka adalah pemerintah.

Maka   dalam  kasus-kasus  seperti  ini,  yg  seharusnya  dilakukan  adalah
menasehati  pemerintah,  dan  memberikan  penjelasan kepada masyarakat akan
keburukan  pornografi,  miras  dll.  Bukan  asal  serbu,  karena memang itu
bukanlah wilayah kekuasaan kita.

Semoga bermanfaat

Sent by: "Elros Elrond" <[EMAIL PROTECTED]>