Hi, terima kasih semua atas sharing pengalamannya. rupanya banyak juga yang udah pakai IUD/spiral dan terbukti tidak bikin repot, apalagi buat yang kurang disiplin seperti saya. saya makin positif untuk menggunakan IUD.
saya juga udah sedikit browsing tentang IUD. sekedar info aja berikut di bawah ini saya cantumkan hasil browsing tersebut. thanks, nurul IUD hanya perlu ditempatkan didalam rahim sekali saja dalam periode beberapa tahun dan hal itu membuat menjadi lebih mudah bagi para penggunanya dibandingkan dengan alat KB lainnya misalnya pil yang harus diminum setiap hari dengan resep dokter yang diulang setiap bulan kata Bradley dan Stanwood. http://www.kapanlagi.com/h/0000148606.html Keuntungan memakai Alat Kontrasepsi Dalam Rahin (AKDR) atau Intra Uterine Device (IUD) http://www.ibuhamil.com/lihat_artikel.php?id=1&asal=1 Cocok untuk mencegah kehamilan atau menjarangkan kehamilan dalam jangka panjang Tidak terpengaruh "faktor lupa" dari pemakai (misalnya PIL) Tidak mengganggu hubungan suami istri Tidak ada efek samping hormonal Tidak mengganggu laktasi (menyusui) Tidak berinteraksi dengan obat-obatan Meningkatkan kenyamanan hubungan suami-istri karena rasa aman terhadap risiko kehamilan Dapat dipasang segera setelah melahirkan atau keguguran Kesuburan cepat kembali setelah IUD dicabut / dibuka Lebih dari 8400 AKDR jenis copper-T telah dipasangkan setelah terjadinya hubungan seksual sejak 1976, dengan hanya 8 kehamilan terjadi: berarti angka kehamilan di bawah satu dalam 1000, sehingga pemasangan AKDR sebagai kontrasepsi darurat menurunkan risiko kehamilan sampai lebih dari 99%. http://situs.mitrainti.org/kb/2002/kb10302(F3).htm Alat ini berfungsi untuk mencegah bersemai nya sel telur yang telah dibuahi di dalam Rahim. Alat ini cukup Efektif dengan kemampuan sampai 97 - 98 % dalam mencegah kehamilan, adapun lama pemakaiannya dapat sampai 4 - 5 tahun, setelah itu kamu harus ganti dengan yang baru.Selama pemakaian ybs akan diajarkan bagaimana memeriksa sendiri apakah alat Kontrasepsi tsb masih berada dalam Rahim dengan cara meraba benang AKDR / IUD tsb di dalam Vagina http://nusaindah.tripod.com/tipskontrasepsi.htm Berikut ada posting blog yang sangat menarik tentang pengalaman pemasangan dan menggunakan IUD: http://lodegen.wordpress.com/2008/03/12/pengalaman-pertama-pake-alat-kontrasepsi-dalam-rahim/ http://lodegen.wordpress.com/2008/06/20/periksa-vagina-yuk/ --- On Thu, 7/24/08, Nurul R <[EMAIL PROTECTED]> wrote: From: Nurul R <[EMAIL PROTECTED]> Subject: [Ayahbunda-Online] Bingung: alat kontrasepsi... To: [email protected] Date: Thursday, July 24, 2008, 3:05 PM Hai Ayahbunda, Saya seorang ibu bekerja dengan seorang anak berumur 10 bulan dan ingin menjaga jarak antara anak pertama dan kedua. saya bingung alat kontrasepsi apa yang sebaiknya digunakan... mana yang lebih baik, pil, IUD atau suntik.? apakah ada yg sudah berpengalaman? nb: saya kurang disiplin dan tidak mau repot... Salam kenal, nurul
