From: heni [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Tuesday, January 14, 2003 3:22 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Tokso di usia kehamilan 8 bulan

mbak Lilis ysh, (sebelumnya maaf kalau tidak berkenan)
apa yang terjadi pada teman suaminya mungkin hanya salah satu kasus, tidak
semuanya akan berakhir demikian.
kita semua tidak pernah tahu apa yang akan terjadi setelah saat ini.

ada sebuah kisah yang ingin saya ceritakan
Pada tahun 1967, seorang ibu melahirkan putra dengan badan kecil tapi ukuran
kepalanya besar melebihi batas normal.
pada saat itu belum ada pemeriksaan kehamilan (torch dsb)seperti sekarang,
sang bayi memerlukan perhatian khusus.
Rentan terhadap berbagai penyakit dan sering panas tinggi, lemah dan lamban
dibanding
teman seusianya. Usia 5 tahun baru bisa berjalan & lututnya membesar namun
kakinya kecil, setahun kemudian saat masuk SD diketahui matanya sudah minus3
kiri&kanan, setiap selesai test cawu sering jatuh sakit dan minus matanya
bertambah terus. Walau sudah belajar keras naik sepeda supaya bisa bermain
dengan teman2nya tapi tetap saja susah menjaga keseimbangan badan. Angka
merah dalam pelajaran olahraga selalu menghiasi raportnya. Syukurlah teman2
sekolahnya sangat baik, kalau hujan deras dan becek dia diantar pulang
rame-rame dengan cara digendong bergantian.
Bapak & Ibunya seringkali mengucurkan airmata menyaksikan perkembangan sang
anak, berbagai upaya dilakukan, Dokter-Dokter Spesialis diberbagai kota
didatangi, Pengobatan tradisional juga dijalani, tapi sepertinya tidak
mendatangkan hasil yang berarti. Tentu saja doa tidak pernah terhenti. Dari
penyedotan tulang sumsum belakang, menelan berpuluh2 butir obat tiap hari,
sampai minum jamu yang terpahit sekalipun dia jalani tanpa mengeluh.
2 orang ahli pengobatan tradisional di Solo & Jakarta wafat sebelum
pengobatan selesai,  beberapa dokter menyerah, bahkan seorang dokter di
Semarang memvonis bahwa hidupnya tidak
akan lama dan usianya tidak akan mencapai 17 tahun, dan itu dikatakan
didepan sang anak, tentu saja bapaknya marah dan memaki2 sang dokter, itu
berakibat sang anak patah arang untuk berobat.
Syukurlah usia 17 th tidak ada 'sesuatu' yang terjadi. dan Sang anak tumbuh
menjadi pemuda yang pendiam, sehingga dia justru terhindar dari acara
bergunjing dan keluyuran yang tidak perlu.
Setelah lulus SMA sang anak tidak mau melanjutkan sekolah seperti kedua
kakaknya karena merasa tidak mampu, akhirnya dia belajar berwiraswasta,
kerapkali penghasilannya yang 'tidak seberapa' itu dimasukkan ke tabungan
adiknya yang masih sekolah di lain kota secara diam2.  Pernah, saat itu jam
7 malam, dia mau makan, kebetulan adiknya datang liburan sekolah, langsung
dia sisihkan potongan ayam goreng dari piring nasinya, diam2 dikembalikan ke
dalam tudung saji untuk sang adik, lalu dia beranjak ke dapur untuk membuat
mie instan. Si adik makan nasi hangat+ayam goreng sambil meneteskan air mata
haru. di lain waktu tahu-tahu dia datang dari pasar jajan membawa bungkusan
klepon kesukaan adiknya, ditaruh di meja, dan dia seolah2 tidak tahu menahu.
karena dia selalu menghindari ucapan terima kasih.
saat ini usianya sudah 36 tahun, Alhamdulillah semakin hari semakin sehat
dan jarang sakit dengan modal tawakal.  Allah maha Agung.
Apakah dia menurunkan derajat orang tuanya ?
Apakah dia memalukan orang tuanya ?
Apa sih yang kita inginkan kalau kita punya anak ? cantik, tampan, pintar,
cerdas, juara aritmatika mental, pandai main piano, juara menggambar, pintar
renang, balet, nari, jadi model di cover majalah, jagoan komputer, pintar
nyanyi, juara kelas di sekolah ???????

Ibu yang 36 tahun lalu melahirkan itu adalah ibu saya, dan sang anak adalah
kakak saya. si pemakan ayam goreng tentu saja saya.
Saya ingin setiap orang tahu kalau saya sangat bangga punya kakak seperti
dia.

salam
heni

http://www.indokado.com/kelahiran.html