Mbak,
Yang aku lakukan dirumah dengan si "mbak":
  a.. Untuk makan, terkadang aku pisahkan, kalau lagi buru-buru, gak
dipisahkan.  Tapi sebaiknya dipisahkan aja, menjaga makanan gak langsung ludes
kalau yang doyan makan, and gak mikir kalau yang lain belum pada makan.
  b.. Jajan, gak rutin.  Kadang-kadang aku belikan bakso or jajanan lain,
karena aku gak suka jajan.  Suka bikin makan sendiri.
  c.. Kegiatan sehari-hari, biasanya bangun antara jam 5 - 5:30, trus sarapan
kalau aku udah sarapan sekitar jam 8an, makan siang relatif antara jam 1an.
makan malam (sore) menjelang maghrib.  Tidur sekitar jam 9an.
  d.. Keperluan pribadi yang aku sediakan, sabun mandi, odol, sikat gigi,
shampo and pembalut. (kalau kamar mandi-nya cuma satu, semua peralatannya di
tempat yang beda dengan yang kita punya.
  e.. Aku gak pernah ngasih bonus, tapi kalau belanja beli baju, aku belikan
juga. Minimal 2 - 3 kali dalam setahun.  Aku juga ngasih waktu untuk jalan
(satu hari/bulan), kalau dia mau. Kalau gak, gpp. Gak ada kompensasinya...
  f.. Gaji bervariasi banget.. tergantung daerah, banyaknya anggota keluarga,
banyaknya kerjaan, dll.
  g.. Kalau lebaran, gajinya di double, and dikasi ongkos untuk pulang serta
oleh2, dibelikan baju juga.
Kalau fasilitas lain, tergantung pribadi masing-masing ya mbak... kalau aku
ngeliat si mbaknya rajin, bisa kerja, bersih, jujur,  aku gak pusing mikirin
rumah, aku akan berusaha keep dia.. udah gak nganggep pembantu lagi. Tapi tetap
harus ada batasannya juga...

Semoga membantu...
rgds,
sandra