mbak dulu aku pernah ngalamin seperti ini. Kayaknya pada usia balita ada fase
seperti ini. Tapi ini nggak boleh dibiarkan, bayangkan kalo prilaku ini masih
dilakukan sampe dia besar wah bahaya...

Beberapa kali saya tegur dan saya nasehati nggak boleh melawan orang tua.
Bagaimana seharusnya dia berprilaku pada orang tua

Kadang saya belikan buku-buku tentang berbuat baik pada orang tua

Saya merasa kalo secara baik-baik nggak mempan mungkin cara terakhir nggak ada
pilihan tunjukan bahwa kita marah.

Kalo belum mempan, saya beri hukuman yg langsung dia rasakan seperti tinggal
dia seorang diri (diisolasi di kamarnya).
Pernah karena marahnya saya sampe nyentil kupingnya (walaupun saya sempat
menyesal, tapi nggak saya perlihatkan didepan anak) tapi setelah itu dia mulai
berubah. Hukuman fisik ini nggak baik bila terlalu sering, cukup sekali sebagai
shock terapi.

Marahnya orang tua pada prilaku yang jelek pada anaknya, buka hal yang
dilarang. Marah pada prilakunya bukan pada pribadinya. Kalo tidak anak tidak
akan tahu bagaimana batas-batas prilakunya terhadap orang tua.