Pak Leo,

Cuma berbagi pengalaman saja...anak saya (laki-laki) juga baru "bisa bicara"
sekitar usia 2thn 4 bln. Sebelumnya cuma beberapa kata saja..
Sekarang usia 6 thn, alhamdulillah, bicaranya sangat lancar he..he..kadang
sampe sebel denger bawelnya, cuma lgsg istighfar, inget padahal dulu pengen
banget supaya anak bisa ngomong :-)

Sering ditulis di milis ini  "setiap anak unik"...jadi perkembangan satu
anak tdk bisa begitu saja dijadikan patokan utk anak yg lain. Khawatir
boleh, itu tandanya sayang,  tapi jangan berlebihan sampai jadi parno.

Banyak artikel dari milis ini ttg perkembangan bicara anak...kalau dari saya
pribadi:
-. Hargai usaha anak utk berbicara. Krn walaupun yg keluar cuma "mama, papa,
mik" tapi bagi si anak itu sudah merupakan usaha yg maksimal.
-. Usahakan posisi bicara sejajar dgn wajah anak, biar anak bisa belajar
dari gerak bibir & suara yg dihasilkan. Jadi yg dewasa bicara sambil nunduk
ke anak.
-. Lebih sering berkomunikasi dgn anak, saat main misalnya. Inget ya pak
komunikasi itu berarti 2 arah..jadi kayak tanya jawab gitu deh...Jadi jangan
yg dewasa saja yg bicara terus, si anak nggak dikasih kesempatan
he..he..katanya sih yg kayak gitu over stimulasi, anaknya malah jadi
bingung.

Gitu aja kali pak..kalau inget yg lain disusulin he..he..

Dini

On 4/17/09, Leo "geol" Widyanto <g...@kompas.co.id> wrote:

> dear moms..
> memasuki usia 2 tahun.. anak saya, Gabriella, belum juga bisa bicara..
> paling banter cuma "num" (minta minum), "mama" "papa", sama "niii.." (minta
> di putarkan film Barney)..
> padahal, makan ndak susah.. minum susu pun gak sulit2 amat.. cuma dia
> maniak banget sama air putih...
> maen sama temen2 pun, biasa2 aja...namun sekarang sikapnya lebih terlihat
> egois dan self defense-nya lebih kentara..
> responnya terhadap gerakan2 kita pun bagi saya cukup, karena gerakan2 saya
> dan mamanya bisa dia ikuti dengan cepat dan cekatan..
> [...]

Kirim email ke