Hi mbak Diana & all,

Ada 2 info yang saya dapat seperti yang di-shared mbak Novia tentang usia
anak yang cukup tepat saat diagnosis sinusitis ditegakkan:

http://www.bestsinusinfectiontreatments.com/index.php/sinus-infections-in-children

The American Academy of Pediatrics advises that sinus x-ray is not required
for children less than six years of age.

http://www.med.umich.edu/1libr/pa/pa_sinuscon_hhg.htm

Most children can't accurately report sinus symptoms before 5 years old.

Asumsi saya, batas usia ini mungkin ada kaitannya dengan bentuk rongga sinus
seperti yang di-shared mbak Novia. Mungkin batas usia ini bisa juga
dikonsultasikan dengan dokter yang menangani sang anak.

Kalau nggak salah, sinusitis ini juga banyak macamnya: ada yang akut, ada
yang kronis, ada yang disebabkan virus atau disebabkan bakteri.  Please
note: kalaupun sudah (+) penyebab sinusitis adalah virus, jadi pengobatan AB
pun pasti tidak ada manfaatnya.

Apalagi kalau memang pencetusnya karena alergi, mungkin memang perlu terus
observasi sekaligus self-care untuk mencegah sinusitis kambuh.  Sekilas dari
website-nya _CDC_, ada beberapa tips untuk tindakan pencegahan sinusitis:

http://www.cdc.gov/getsmart/antibiotic-use/URI/sinus-infection.html
Preventing a Sinus Infection

   - Jaga selalu kebersihan tangan.
   - Up to date dengan jadwal imunisasi yang direkomendasikan
   - Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami pilek atau
   infeksi saluran pernapasan lainnya
   - Hindari merokok atau terpapar asap rokok, upayakan anak tidak juga
   menjadi perokok ‘pasif’
   - Gunakan humidifier untuk menjaga kelembaban udara di dalam rumah.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke