From: Ade Novita [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 03, 2004 11:00 AM
To: milis balita anda
Subject: Re: [balita-anda] efek psikologis abuse thd anak

      dear all,

    terima kasih atas perhatian dan sumbang saran plus doanya, baik japri
    maupun jalum/milis. saran saran tersebut sangat membantu aku dan suami
  juga reva secara moril. salam untuk reva juga sudah aku sampaikan sama
reva.

     terus terang, aku, ayahnya reva dan neneknya reva masih shock dan down.
    reva sendiri terlihat jelas traumanya, kalau sedang ngantuk mau tidur
atau
    mau bangun tidur, dia ngigau "ampun mbak, angan mbak, atit mbak" trus
  tidur  diatas dada atau meluk aku atau ayahnya.

     reva mulai cerita sejak aku minta maaf atas ketololan aku nggak percaya
  aduannya, dan sejak pengasuh itu pergi dari rumah.
    dan membuka satu persatu cerita terbuka... apa aja yg udah dialami
  reva....

    contoh waktu aku tanya tiap pulang kantor, gimana reva hari ini senang?
  dia bilang "enang unda, ndak ada yan iniin angan epa gini nih (tangan
  kanannya memelintir tangan kirinya) ampun mbak angan mbak (terus dia
ngoceh
  berlagak mbaknya) injek uda loh abak udah loh (injek kuda tabrak kuda
loh).
  trus aku tanya sakit ya tangannya? "iya" kok nggak cerita ke bunda? "tan
  unda erja" jawabnya polos, abis itu dia berhenti cerita nggak mau lagi
  dikorek korek.
    spontan badanku lemes nggak kebayang deh kalau semuanya nggak ketahuan
  sampai aku pindah rumah akhir maret ini.

    yang juga aku denger dari aduan sih  reva kalau makan sengaja diajak
jalan
  sehingga makanan reva bisa dibuang, atau dia yang makan, misal makan tahu
  goreng, reva cuma dikasih isi taogenya, tahunya pengasuhnya yg makan,
kalau
  pisang goreng reva tepungnya aja)

    sakit & pedih dengernya, reva setiap cerita selalu peluk aku, aku nggak
  paksa dia untuk cerita panjang, ya kapan aja dia mau cerita.

    fyi, pengasuh tersebut berusaha kabur sabtu siang itu, setelah kita
cuekin
  krn memang reva demam dan diare (sepertinya jumat pagi itu puncak
ketabahan
  reva, reva jatuh ke bak cucian rendeman pakaian dan ini ternyata bukan
  pertama kali, reva siangnya juga dibawa ke rumah kosong dan ini juga bukan
  pertama kali reva dibiarkan main sendiri dirumah kosong sementara tuh
biadab
  pacaran ama tukang bangunan)

      waktu pembantu itu mau kabur aku panggil, tapi mungkin karena aku
emosi
  jiwa dan shock jadi diem aja, hanya ayahnya reva yg ngomong sini kamu ini
  uang dan pergi jauh dari sini.

      sejak biadab itu pergi demam reva turun, sepertinya dia lega, wajahnya
  keliatan mulai cerah.

    aku belum bisa cuti krn memang banyak kerjaan pending krn seminggu lalu
  aku sakit, trus ya atasan aku rada aneh bin ajaib sih jd nggak mudah utk
  ijin cuti.

    rencananya berlibur akhir bulan akan aku majukan minggu ini, cuma aku,
reva &
  ayahnya... renovasi rumah juga dipercepat biar segera pindah, krn aku
  ngeliat reva  sepertinya juga takut sama semua mbak masih suka kebayang
  perlakuan mbak nya dirumah, bahkan waktu minggu aku ajak main-main
terlihat
  sekali reva takut sama semua pengasuh orang, takut mendekat jendela,
  permainan yang biasanya dulu dia sangat suka tdk berani selalu harus aku
  pegangin. (aku memang terlalu sibuk akhir akhir ini, dan sabtu minggu aku
  sering sakit, jd udah lama nggak ajak reva jalan). maafin bunda ya
reva....

   aku ada fotonya, tapi aku nggak bisa sebar milis jadi oleh ayahnya reva
cuma diijinkan untuk japri apabila ada yg sejak sabtu tgl 28 maret dapet
pembantu baru, mau konfirmasi.

  salam

  bunda reva