Tadi siang istri saya ambil hasil lab pemeriksaan anak saya. Hasilnya
positif Mantoux (bener gak sih tulisannya?). Sudah +- 5 minggu anak saya
batuk. Saat seminggu pertama saya bawa ke dokter, diobati. Minggu ke 2 masih
belum sembuh trus diterapi uap (untuk ngeluarin dahak). 5 hari berturut2.
Tapi masih batuk serta kayaknya masih berdahak. Seminggu terapi usai, saya
bawa lagi ke dokter dan diperiksa darah untuk tes mantoux. Hasilnya
poisitif.
Saya mohon sharing rekan2 :
1. Sebab2nya apa saja sih: debu, udara lembab, air dari kolam renang (anak
saya belajar "berenang", dikolam2an plastiknya, hanya berdua ama ibunya),
atau ketularan? kalo ketularan, cara penularannya gimana?
2. Apa bisa Mantoux nular ke Bapak-Ibunya?
3. Pantangannya apa, supaya cepat sembuh dan gak kambuh.
4. Apa betul harus makan obat selama enam bulan terus menerus?
5. Kenapa imunisasi BCG gak bisa mencegahnya ya.....

Thanks infonya ya. Maaf nanyanya kebanyakan.

Salam,
Dayta.