*********** REPLY SEPARATOR ***********

On 2/12/99, at 1:10 PM, kusuma wrote:

>menurut agama dianjurkan hingga 2 tahun.   kenyataannya bisa saja terus
>diberikan selama asi-nya masih ada dan anaknya masih mau.  sebab anak
>tetangga saya masih minum asi walau pun usianya sudah lebih daripada 2
>tahun, tetap sehat dan pertumbuhannya juga normal.   bagaimana pun asi lebih
>baik daripada susu sapi (pabrik). dan akibat banyaknya anak-anak minum susu
>sapi ini, mereka kalau disuruh-suruh selalu bilang emo.

Hehehe.... :-)
Saya punya pengalaman dengan susu sapi (susu sapi asli). Kebetulan ini
terjadi pada adik saya yang paling kecil (sekarang sih udah besar... udah
lulus kuliah dan kerja di Samarinda). Waktu kecil dulu adik saya ini nggak
mau dikasih ASI... ibu saya juga sampai bingung dibuatnya. Terus dicoba-2x
diberi susu selain ASI, akhirnya pilihan jatuh pada susu sapi segar. Saya
kurang tahu alasan apa yang dipakai ibu saya waktu itu. Mungkin pada waktu
itu susu kaleng harganya mahal disamping susah didapat... nggak seperti
sekarang ini... juga mengingat kondisi ekonomi keluarga waktu itu. Pada
saat itu sih perkembangan adik saya bagus-bagus saja... tapi menginjak
SMA adik saya sering sakit-sakitan... yang paling sering adalah pilek.
Setelah diperiksakan ke dokter sana-sini akhirnya diketahuilah kalau
adik saya punya alergi. Dari hasil test diketahui kalau adik saya punya
alergi terhadap 36 macam makanan/minuman. Dari hasil konsultasi dengan
dokter itulah ibu saya menduga kalau alergi yang diderita oleh adik
saya itu salah satu faktor penyebabnya adalah tidak diberikannya ASI
pada waktu adik saya masih bayi.
Dari pengalaman inilah saya jadi sadar betapa pentingnya ASI bagi seorang
bayi... bukan hanya gizi yang dikandungnya melainkan juga zat kekebalan
tubuh yang terkandung di dalam ASI itu.
Semoga pengalaman ini bermanfaat bagi para anggota milis ini semua.

hand.-