Pak Indra,
dari informasi yang saya dengar dari rekan-rekan di kantor yang mempunyai balita
dan juga dari dokter anak saya, imunisasi tsb. memang tidak diwajibkan. Putri
saya sendiri sekarang sudah berumur 8 bl (jalan 9 bl) dan imunisasi terakhir
(+/- 2 bulan lalu) baru sampai hepatitis. Sampai saat ini, alhamdulillah tidak
ada keluhan kesehatan (paling-paling hidung meler karena cuaca buruk).
Tapi seorang rekan di kantor mengimunisasikan HIB buat putera pertamanya yang 9
bulan, di Medistra (biayanya Rp. 200 rb). Jadi setiap orangtua memang punya
pendapat yang berbeda.
(saya tidak tahu, apa saya dulu juga diimunisasi HIB atau tidak....).
Saya sendiri lebih mengandalkan istri saya yang 'mengimunisasi'-kan puteri
pertama kami via asi-nya yang alhamdulillah lancar.
wassalam.