Saya akan berbagi informasi dengan rekan-rekan sekalian.

Menurut hasil konsultasi dengan dokter anak langganan kami,  bahwa imunisasi
HIB itu sebetulnya penting dimasa era globalisasi  sekarang ini, dimana
berbagai jenis penyakit banyak masuk dari luar negeri ke Indonesia, dan
penangkalnya adalah dengan imunisasi, khususnya HIB yang secara teoritis
imunisasi ini adalah untuk menangkal penyakit 1. Miningitis  atau virus yang
menyerang Otak,  ke 2  : Cepticemia  ( bakteri yang menyerang darah)  dan ke
3 :  epiglottitis.

Memang Imunisasi HIB ini adalah tergolong mahal, karena obatnya  masih
didatangkan dari Perancis, dan  biaya imunisasi ini diberbagai  dokter/ RS
beragam ( di atas Rp 120.000 ribu), oleh karena itulah imunisasi ini belum
dijadikan program nasional karena kendala biayanya mahal.

Menurut dokter anak kami, imunisasi ini cukup dilakukan satu kali,  setelah
imunisasi BCG,DPT,Polio,Campak,dan Hepatitis B   selesai ( kira-kira bayi
usia diatas 12 bulan). Dan apabila para orang tua yang tidak mempunyai
kendala dengan financial, alangkah baiknya anak-anaknya di beri imunisasi
HIB, dan alhamdulilah putri saya yang pertama imunisasinya sudah lengkap dan
juga  imunisasi HIB pada usia 15 bulan saat itu biayanya Rp 130.000 (tgl 7
Mei 1998).

Dan sore inipun saya akan membawa putri ke-2 kami  (usia 6 bulan)  untuk
imunisasi Hepatitis B pertama.

Mudah-mudahan informasi ini berguna buat rekan-rekan dan tidak ragu-ragu
untuk melengkapi imunisasi para balitanya.

Salam,
Puspa