        From:  Sekretaris man_dir[SMTP:"sek_mandir"@enseval.com]
        Sent:  Thursday, February 18, 1999 4:34 PM
        To:  [EMAIL PROTECTED]
        Subject:  RE: [balita-anda] Immunisasi HIB

        Awalnya saya agak ragu tentang imunisasi HIB ini.  Sebab imunisasi
ini
        tergolong belum lama.  Hanya dianjurkan tapi tidak wajib.  Disamping
itu
        harganya juga relatif mahal.

        Sampai salah seorang teman saya, putrinya (4,5  th) terkena virus
radang
        otak.  Sebelumnya anak ini cerdas dan sehat.  Sampai suatu hari
demam, lalu
        dibawa ke dokter.  Setelah 5 hari dan obat habis tidak ada
perubahan,
        dibawa ke dokter lain, dan langsung disuruh opname.  Beberapa hari
di rumah
        sakit anak teman saya ini tidak dapat bergerak, bahkan dia tidak
bisa
        menelan air liurnya sendiri, jadi "ngeces" terus.  Badannya seperti
mati.
        Hanya matanya dan nafasnya saja yang menandakan dia masih hidup.
Analisa
        dokter, anak tsb kena virus yang menyerang otak.
        Teman saya itu tidak memberi dia imunisasii HIB karena waktu bayi,
        imunisasi HIB belum ada.  Dokter mengatakan anak ini tidak akan bisa
        kembali 100%.  Dengan berbagai pengobatan dan terapi mungkin bisa
kembali,
        90% saja sudah bagus sekali.

        Saya bayangkan sedih sekali kalau kita yang mengalami hal itu.  Anak
yang
        tadinya sangat lincah, cerdas ... dalam beberapa hari saja berubah
..
        Memang kemungkinan seperti itu  1000 banding 1.  Tapi siapa tahu,
anak kita
        yang kemungkinan 1 itu.

        Setelah menjenguk anak teman saya itu,  keesokan harinya saya
langsung
        membawa anak saya untuk diimunisasi HIB.  Waktu itu anak saya sudah
15 bln
        jadi cuma diimunisasi 1 kali. Jadwal imunisasi HIB :
        bayi 3 bln : 3 kali imunisasi (umur 3, 6 dan 9 bln)
        bayi 6 bln : 2 kali (umur 6 dan 9 bln)
        dia atas 9 bln : 1 kali

        Menurut saya, semahal apa  pun akan kita usahakan untuk kebaikan
anak kita.
        Lebih baik mencegah daripada mengobati.

        Salam,
        Renny