Yth Para netter,
Anak saya sejak lahir sudah punya satu gigi di bawah. Gigi tsb
mengganggu bayi menetek ASI ( lidah jadi luka), sehingga anak saya tiap
netek sebentar langsung nangis dan tidak mau netek lagi karena kesakitan
dilidahnya. Atas saran dokter anak dibawa ke dokter gigi, kemudian
dilempar lagi ke dokter gigi spesialis bedah mulut. Giginya mau
ditumpulin tapi karena mulut bayi kecil, tidak bisa dilakukan. Akhirnya
giginya dicabut. Setelah itu anak saya bisa menetek ASI dengan leluasa
tanpa kesakitan. Itu terjadi ketika bayi berusia 1 1/2 bulan.
Pada usia 3 bulan gigi sebelahnya muncul sampai sekarang. Sekarang
usianya sudah 10 bln 10 hari dan giginya masih tetap satu, padahal teman
sebaya dia ada yang sudah empat  bahkan delapan.

Pertanyaan saya, secara umum bayi usia 10 bulan itu biasanya sudah
tumbuh gigi berapa buah ?  Apakah pertumbuhan gigi anak saya itu
terlambat ? Mengenai gizi saya kira cukup karena sejak usia 6 bulan dia
sudah mau dengan nasi tim, susunya cukup tapi sudah tidak ASI karena
keluarnya sedikit.
Demikian dan terima kasih.