Berikut ini saya sampaikan informasi mengenai perkembangan gigi,

Note:
====
Deskripsi gigi diliat secara simetris. Jadi kurang lebih munculnya
sepasang2 (posisi simetris).

Gigi seri tengah adalah 4 gigi depan kita, terdiri dari 2 gigi depan
pada rahang atas dan 2 gigi depan pada rahang bawah. Misalnya, untuk
menyebutkan istilah, gigi depan rahang atas yang sebelah kiri adalah
'gigi seri tengah yang kiri (rahang atas)'.

Urutan gigi pd description di daftar adalah:
I. Gigi Bagian Atas: dari gigi seri tengah yg kiri(rahang atas) ke
geraham kiri (rahang atas).
II.Gigi Bagian Bawah: dari geraham kiri (rahang bwh) ke gigi seri
tengah yg kiri (rahang bawah).
Atau, secara deskriptif:
I Rahang Atas (sebelah kiri):   uuuuuuuu <<-- 8 gigi rahang atas-kiri
                                hgfedcba <--- urutan pada daftar
IIRahang BWH (sebelah kiri):    nnnnnnnn <<-- 8 gigi rahang bawah-kiri
                                ijklmnop <--- urutan pada daftar
g. = gigi

                        Keterangan              Primary     Permanent
                                                Erupt       Erupt

I. Gigi Bagian Rahang Atas
--------------------------
a   Central incisor     g.seri bag. tengah      8-12mos     7-8   yrs
b   Lateral incisor     g.seri bag. samping     9-13mos     8-9 yrs
c   Canine (cuspid)     g. taring               16-22mos    11-12 yrs
d  *First premolar      g. seblh kiri g. taring             10-11 yrs
e   Second premolar     g. seblh kiri *                     10-12 yrs
f   First molar         geraham pertama         13-19mos     6-7  yrs
g   Second molar        geraham kedua           25-33mos    12-13 yrs
h   Third molar         geraham bungsu                      17-21 yrs

II. Gigi Bagian Rahang Bawah
----------------------------
i   Third molar         geraham bungsu                      17-21 yrs
j   Second molar        geraham kedua           23-31mos    11-13 yrs
k **First molar         geraham pertama         14-18mos     6-7  yrs
l***Second premolar     g. sblh kanan **                    11-12 yrs
m   First premolar      g. sblh kanan ***                   10-12 yrs
n   Canine (cuspid)     g. taring               17-23mos     9-10 yrs
o   Lateral incisor     g. seri bag. samping    10-16mos     7-8  yrs
p   Central incisor     g. seri bag. tengah     6-10mos      6-7 yrs

                   TOTAL gigi susu adalah 10X2= 20 gigi

Semoga info ini bermanfaat & terima kasih.